5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari pada Waktu Sahur

×

5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari pada Waktu Sahur

Bagikan berita
Foto 5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari pada Waktu Sahur
Foto 5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari pada Waktu Sahur

JAKARTA - Tiap makanan dan juga minuman miliki isi yang dimaksud berbeda-beda. Ada komposisi makanan juga minuman yang ternyata dapat menghasilkan dehidrasi. Tentu cuma hal ini harus dihindari pada waktu sahur. Jika tidak, Anda akan merasa kehausan sepanjang puasa.Dehidrasi sendiri sangat membahayakan tubuh. Kita tahu, air adalah esensi hidup yang tersebut membentuk hampir 60% dari komposisi tubuh manusia.

Menurut Mayo Clinic, hidrasi yang digunakan tepat meyakinkan fungsi tubuh yang dimaksud penting berjalan dengan lancar seperti transportasi nutrisi, pengaturan suhu tubuh, lalu pelumasan sendi, cuma untuk menyebutkan segelintir kecil.Selain itu, dehidrasi juga mengganggu keseimbangan mineral di tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, serta bahkan komplikasi kondisi tubuh yang tersebut lebih besar parah.

Untuk itu jangan biarkan tubuh Anda dehidrasi selama puasa.Mengutip laman The Healthy, berikut 5 makanan dan juga minuman yang bikin dehidrasi, jadi harus dihindari ketika sahur!

1. Makanan Olahan

Makanan olahan tinggi natrium seperti keripik, pretzel, juga popcorn meningkatkan keperluan cairan pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan oleh peran natrium pada mengatur keseimbangan cairan tubuh. Terlalu banyak natrium dapat memicu keadaan dehidrasi, sekali pun Anda sudah ada minum banyak air.

Untuk mengatasi ini, cobalah untuk memilih camilan rendah natrium. Selain itu, Anda dapat beralih ke buah dan juga sayuran segar sebagai pengganti camilan renyah. Hal ini akan membantu mengisi kembali pasokan air tubuh Anda, juga menyediakan vitamin dan juga mineral yang mana dapat membantu menangkis kondisi seperti penyakit jantung dan juga kanker.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang benar sangat menggoda. Makanan ini juga tinggi lemak serta banyak kali tinggi natrium sehingga meningkatkan keperluan tubuh Anda akan cairan. Untuk itu, cobalah hindari makanan yang digoreng ketika sahur.

3. Alkohol

Bir dingin atau segelas anggur kemungkinan besar tampak menyegarkan. Namun, alkohol bertindak sebagai diuretik, menyebabkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak berbagai cairan daripada yang Anda minum. Jadi, seteguk alkohol yang tersebut tampaknya memuaskan itu dapat mempercepat Anda menuju dehidrasi. 

4. Minuman Berkafein

Minuman berkafein dianggap dapat menimbulkan tubuh menjadi lebih banyak bersemangat. Namun, pada kenyataannya, minuman kafein juga bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan peningkatan buang air kecil juga kehilangan cairan sehingga menimbulkan tubuh Anda berpotensi mengalami dehidrasi.

"Dosis tinggi kafein yang tersebut diminum sekaligus dapat meningkatkan total urin yang mana dibuat tubuh," jelas ahli diet terdaftar Katherine Zeratsky, RD, LD, pada laman Mayo Clinic.

5. Minuman Manis

Minuman manis dapat memuaskan rasa dahaga. Namun, tubuh kita membutuhkan lebih tinggi berbagai air untuk memproses gula, yang tersebut berarti suguhan manis ini sebenarnya dapat menarik air dari tubuh Anda daripada mengisi kembali cairan Anda.Sebagai ganti, ketika Anda ingin mengonsumsi minuman manis, cobalah untuk memasukkan buah-buahan seperti raspberry, markisa, mangga, atau nanas ke di air minum Anda agar terasa menyegarkan kemudian sehat.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini