Minanga, Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh yang Berdayakan Petani Sumbar

×

Minanga, Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh yang Berdayakan Petani Sumbar

Bagikan berita
Laressa Amaly, Co-Founder dan CEO Minanga, produk kecantikan dan perawatan tubuh berbahan alami dari alam Sumatera Barat.
Laressa Amaly, Co-Founder dan CEO Minanga, produk kecantikan dan perawatan tubuh berbahan alami dari alam Sumatera Barat.

PADANG - Mungkin banyak yang belum tahu nama Minanga, produk kecantikan dan perawatan tubuh produksi putri Minang yang memberdayakan petani Sumatera Barat dalam penggunaan bahan bakunya.

Seperti dikatakan Laressa Amaly, co-Founder dan CEO Minanga, Selasa (14/5), bahwa produk kecantikan dan perawatan tubuh Minanga lebih banyak menggunakan produk-produk hasil pertanian dari petani yang ada di Sumatera Barat.

Dia menjelaskan, dalam mencari bahan-bahan untuk produk mereka, memanfaatkan bahan-bahan lokal yang bersumber dari Sumatera Barat untuk memberikan manfaat yang sesuai bagi petani dan pemangku kepentingan setempat, sehingga pelanggan dapat sepenuhnya memanfaatkan kebaikan bahan-bahan yang bersumber secara alami dan lokal dalam produk perawatan tubuh dan kecantikan mereka.

Hingga saat ini, katanya, ada lebih dari 10 jenis bahan baku yang mereka gunakan berasal dari hasil produk petani Sumbar, diantaranya gambir, VCO, minyak atsiri, lilin lebah, dan lainnya.

"Kami berkomitmen untuk memberdayakan petani lokal Sumbar sebagai penghasil bahan baku Minanga dengan menerapkan model bisnis yang mensejahterakan semua orang," ujar alumnus School of Bsiness and Management, Institut Teknologi Bandung ini.

Dia menceritakan awalnya, inspirasi pendirian Minanga dengan nama pertama SURI THE GOODS muncul ketika Laressa, mengundurkan diri dari posisi sebelumnya di perusahaan pemasaran digital untuk berkomitmen penuh menjadi ecopreneur.

Ide pembuatan skin care ini bermula dari kecintaannya terhadap produk perawatan kulit yang dikenal secara lokal maupun global, yang diberikan oleh kerabatnya. Laressa menyatakan bahwa "Ayah saya dulu memberi saya berbagai jenis produk perawatan kulit sebagai hadiah dari perjalanan kerjanya ketika saya masih kecil, kecintaan saya pada produk perawatan kulit berubah menjadi hasrat untuk membuat produk perawatan kulit lokal yang dapat berkembang baik di masa depan maupun di masa depan. kebaikan alam Indonesia dan petani lokal di daerah saya, Sumatera Barat".

Pada tahun 2017, setelah berbulan-bulan melakukan penelitian dan menghadiri lokakarya yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan dan para ahli lainnya di bidang produk perawatan kulit, Laressa bersama suaminya dan salah satu pendiri, Arga mendirikan SURI THE GOODS, produk perawatan pribadi alami yang diberdayakan secara lokal. untuk membawa kebaikan alam Indonesia ke pasar.

Saat ini berbagai produk telah memproduksi berbagai jenis produk seperti sabun, body lotion, skin care, dan lip balm yang berasal dari kebaikan alam Indonesia. "Produk kami menggunakan bahan baku alami dari alam Sumatera Barat antara 20 hingga 90 persen," jelasnya.

Kedepan, dia akan kembali merambah pasar Sumatera Barat karena produk ini berasal dari alam Sumatera Sarat. "Dulu sebelumnya sudah ada produk Minanga dijual di outlet-outlet kecantikan di Padang, namun karena pandemi, agak sedikit terkendala. Kedepan kita akan kembali masuk ke Sumbar dan berharap produk ini bisa diterima di Ranah Minang," pungkasnya. (*)

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini