Pengembangan MP-CPBL pada Mata Kuliah Motor Bensin Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif

Foto Harian Singgalang
×

Pengembangan MP-CPBL pada Mata Kuliah Motor Bensin Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif

Bagikan opini

Produk model pembelajaran Competency Problem Based Learning (CPBL) pada Mata Kuliah Motor Bensin telah divalidasi (validitas isi) oleh tim pakar dengan nilai rata-rata Aiken's V di atas 0,850, dalam kategori valid. Model Pembelajaran CPBL yang dihasilkan berdampak terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor.Dampak instruksional dalam implementasi MP-CPBL adalah mampu meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dan mempunyai dampak soft skill yang dapat menciptakan interaksi yang baik antara sesama mahasiswa, sehingga dengan kondisi ini, maka model CPBL dapat menciptakan; (1) pembelajaran mahasiswa aktif (active learning), (2) kreatif (creative learning), (3) efektif (effective learning), dan (4) pembelajaran yang menyenangkan (enjoyable learning).

Artikel ini ditulis oleh Dr. Bahrul Amin S.T., M.Pd berdasarkan disertasi yang ditulis dalam rangka penyelesaian Program Doktor (S-3) pada Prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang dengan Promotor 1. Prof. Jalius Jama, M.Ed, Ph.D. dan Promotor 2. Drs. Ir. Syahril, S.T., MSCE., Ph.D. yang telah lulus diseminarkan pada ujian tertutup tanggal 4 Februari 2021 pukul 09:00 WIB dengan Tim Penguji yaitu Prof. Ganefri, Ph.D.; Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd.; Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T.; Prof. Dr. Wakhinuddin S., M.Pd.; dan Prof. Dr. Herminarto Syofyan, M.Pd. (Penguji Eksternal dari Universitas Negeri Yogyakarta).

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini