Produk model pembelajaran Competency Problem Based Learning (CPBL) pada Mata Kuliah Motor Bensin telah divalidasi (validitas isi) oleh tim pakar dengan nilai rata-rata Aiken's V di atas 0,850, dalam kategori valid. Model Pembelajaran CPBL yang dihasilkan berdampak terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor.Dampak instruksional dalam implementasi MP-CPBL adalah mampu meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dan mempunyai dampak soft skill yang dapat menciptakan interaksi yang baik antara sesama mahasiswa, sehingga dengan kondisi ini, maka model CPBL dapat menciptakan; (1) pembelajaran mahasiswa aktif (active learning), (2) kreatif (creative learning), (3) efektif (effective learning), dan (4) pembelajaran yang menyenangkan (enjoyable learning).
Artikel ini ditulis oleh Dr. Bahrul Amin S.T., M.Pd berdasarkan disertasi yang ditulis dalam rangka penyelesaian Program Doktor (S-3) pada Prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang dengan Promotor 1. Prof. Jalius Jama, M.Ed, Ph.D. dan Promotor 2. Drs. Ir. Syahril, S.T., MSCE., Ph.D. yang telah lulus diseminarkan pada ujian tertutup tanggal 4 Februari 2021 pukul 09:00 WIB dengan Tim Penguji yaitu Prof. Ganefri, Ph.D.; Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd.; Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T.; Prof. Dr. Wakhinuddin S., M.Pd.; dan Prof. Dr. Herminarto Syofyan, M.Pd. (Penguji Eksternal dari Universitas Negeri Yogyakarta).Pengembangan MP-CPBL pada Mata Kuliah Motor Bensin Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif
hariansinggalang.co.id
Opini lainnya
Khairul Jasmi
Musibah Galodo Bagaimana Akal Lagi
Musibah Galodo Bagaimana Akal Lagi
Oleh : Romi Mardela
Merancang Resep Latihan sebagai Pondasi Prestasi Atlet
Merancang Resep Latihan sebagai Pondasi Prestasi Atlet
Muhammad Muntazhir Haq
Kami Tidak Bisa Larang Buya Mahyeldi, Aksinya Spontan
Kami Tidak Bisa Larang Buya Mahyeldi, Aksinya Spontan