Apakah Aman Konsumsi Kopi saat Sahur? Ini Penjelasannya

×

Apakah Aman Konsumsi Kopi saat Sahur? Ini Penjelasannya

Bagikan berita
Foto Apakah Aman Konsumsi Kopi saat Sahur? Ini Penjelasannya
Foto Apakah Aman Konsumsi Kopi saat Sahur? Ini Penjelasannya

JAKARTA - Apakah aman konsumsi kopi ketika sahur? Pertanyaan sejenis ini cukup rutin muncul ketika bulan Ramadan, khususnya bagi pecinta kopi yang mana rasanya sangat sulit untuk tidak ada ngopi selama seharian penuh.Kopi merupakan salah satu minuman favorit publik Indonesia. Beberapa orang bahkan bisa saja menghabiskan lebih banyak dari 3 gelas kopi per hari.

Namun, rutinitas minum kopi yang dimaksud nampaknya bukan dapat diadakan pada bulan Ramadan. Bukan hanya sekali lantaran waktunya yang dimaksud terbatas, namun juga mempertimbangkan aspek-aspek lain ketika sedang berpuasa. 

Lalu, apakah seseorang sanggup mengkonsumsi kopi pada waktu sahur? Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2024).

Amankah Konsumsi Kopi ketika Sahur?

Konsumsi kopi ketika sahur tiada dianjurkan untuk dilakukan. Dalam hal ini, banyak pakar atau ahli tak menyarankan minum kopi ketika sahur, termasuk bagi Anda yang dimaksud kemungkinan besar telah kecanduan minuman tersebut.Mengutip laman Ners Unair, kopi bersifat diuretik atau mengeluarkan cairan dari tubuh. Alhasil, mengonsumsinya pada waktu sahur dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi ketika menjalani puasa.

Senada dengan pendapat di area atas, Dokter Spesialis Gizi, dr. Raissa E. Djuanda menyebutkan bahwa konsumsi kopi ketika sahur mampu meningkatkan risiko dehidrasi. Terlebih, tubuh juga akan kurang cairan ketika sedang berpuasa."Karena kopi ini sifatnya diuretik menyebabkan lebih tinggi berbagai buang air kecil. Biasanya tubuh akan kurang cairan, ini sulit kalau sedang berpuasa," kata dokter spesialis gizi Raissa E Djuanda pada sebuah diskusi via daring seperti disitir dari Antara.

Selain sifatnya yang mana diuretik, konsumsi kopi pada waktu sahur juga mempunyai efek lain. Rasa kopi yang mana kental di tempat mulut dapat menghasilkan Anda cepat haus, sehingga memang benar bukan dianjurkan dijalankan pada waktu sahur.Jika sangat sulit meninggalkan kebiasaan minum kopi, Anda bisa saja mengonsumsinya setelahnya berbuka puasa. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi kopi harus dijalankan pasca makan besar juga tak berlebihan.

Selain itu, pastikan juga waktunya sekitar dua jam atau tambahan setelahnya Anda menyantap makanan menerbitkan puasa. Kemudian, usahakan jangan meminumnya terlalu dekat dengan jam tidur. Apabila mengonsumsi kopi terlalu malam, dikhawatirkan efeknya bisa jadi mengganggu siklus tidur. Alhasil, tidur pun menjadi tak nyenyak atau bahkan tiada mengantuk.Jadi, bisa saja dipahami bahwa konsumsi kopi ketika sahur tiada dianjurkan untuk diadakan sebab meninjau efeknya yang tersebut berpotensi memproduksi dehidrasi ketika puasa. Sebagai ganti, Anda dapat tetap memperlihatkan ngopi pasca berbuka puasa dengan memperhatikan waktu kemudian jumlahnya.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini