Jalan Amblas di Lolo, Akses Solok-Solok Selatan Terganggu

×

Jalan Amblas di Lolo, Akses Solok-Solok Selatan Terganggu

Bagikan berita
Jalam amblas di Lolo, Solok
Jalam amblas di Lolo, Solok

AROSUKA – Belum reda musibah galodo dan banjir bandang melanda kawasan Kabupaten Agam dan Tanah Datar, peristiwa jalan amblas juga terjadi di nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.

Dipicu hujan lebat yang terjadi sepanjang hari, badan jalan nasional dari arah Padang menuju Kabupaten Solok Selatan dan Kerinci digerus air hingga menjadi badan jalan menjadi terban dan amblas pada Senin (13/5) malam.

Peristiwa amblasnya jalan utama sekitar pukul sekitar pukul 20.00 Wib itu, membuat akses transportasi dan mobilitas dari Solok atau Padang menuju Muara Labuh, kabupaten Solok Selatan mengalami putus total.

“ Jalan menuju Solok Selatan dari Padang atau sebaliknya tidak bisa dilalui. Badan jalan tergerus longsor hingga menjadi amblas,” kata salah seorang warga setempat, Toni, Senin (13/5/2024) malam.

Disebutkan, amblasnya jalan utama menuju Kabupaten Solok Selatan hingga Kerinci, ditengarai karena tergerus curah hujan yang terjadi sepanjang hari. Dengan putusnya jalan pada titik lokasi sebelum rumah makan Mitra, praktis menghentikan mobilitas dan pengangkutan barang.

“ Padahal setiap Selasa, merupakan hari pasar di Nagari Surian. Karena jalan amblas dan tidak bisa dilewati, maka pedagang dari Solok yang akan berjualan di pasar Surian tidak bisa lewat,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian amblasnya jalan Nasional menuju Muara Labuh ini. Masyarakat setempat hanya bisa menyaksikan kondisi jalan yang mengalami amblas dengan bentangan sekitar 10 meter sejak tadi malam.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Irwan Effendi melaporkan, pemulihan kondisi jalan amblas telah dilakukan pihak Balai Pelaksaan Jalan Nasional.

“Alat berat BPJN telah mulai bekerja sejak jam 4 subuh tadi. Namun hingga kini akses jalan masih belum normal,” ungkap Irwan Effendi melalui group tangguh Bencana Kab. Solok, Selasa (14/5) pagi.

Irwan menyebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Solok, Dinas PUPR Provinsi dan Balai Pelaksaan Jalan Nasional dalam menangani terbannya badan jalan nasional di nagari Lolo.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini