BPOM RI Umumkan 133 Obat Aman Dikonsumsi

×

BPOM RI Umumkan 133 Obat Aman Dikonsumsi

Bagikan berita
Foto BPOM RI Umumkan 133 Obat Aman Dikonsumsi
Foto BPOM RI Umumkan 133 Obat Aman Dikonsumsi

PADANG - BPOM RI telah mengumumkan daftar obat yang aman untuk dikonsumsi. Total ada 133 merek.Pengumuman tersebut dikeluarkan lembaga pengawas obat dan makanan tersebut tertanggal 22 Oktober.

Obat-obatan tersebut dinyatakan aman karena tidak mengandung propilen glicol, polietelin glicol, sorbitol, gliserin, gliserol."Aman jika dikonsumsi  sesuai aturan pakai yang tercantum pada masing-masing kemasan," ujar Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito.

Obat-obatan tersebut beredar di pasaran dalam bentuk sirup, drops (serbuk kering), suspensi dan cairan oral.Dari 133 merek, beberapa yang paling terkenal di tengah masyarakat yakni OBH, Konidin, Konimex, Komix.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, BPOM RI juga merilis 102 merek obat yang dikonsumsi pasien gagal ginjal akut misterius namun aman dikonsumsi. Alasannya juga karena tidak mengandung propilen glicol, polietelin glicol, sorbitol, gliserin, gliserol.Beberapa merek yang terkenal luas di tengah masyarakat seperti Amoxcilin dan zinc syrup.

Masih dari daftar obat yang dikonsumsi pasien gagal ginjal akut misterius, BPOM RI merilis tujuh obat sirup yang aman jika dikonsumsi sesuai aturan pakai.Obat tersebut yakni paracetamol sirup keluaran pabrik Afi Farma, Kimia Farma, Mersifarma TM, paracetamol Drop (Afi Farma), Ambroxol HCI (Kimia Farma), Anakonidin OBH (konimex),  cetirizin (Sampharindo Perdana).

Sementara itu untuk obat yang dinyatakan tidak aman dikonsumsi karena mengandung cemaran EG dan DEG yakni Unibebi cough, unibebi deman sirup, unibebi demam drops.(titi)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini