Pengganti Lahan Pembangunan Tol Harus Untungkan Masyarakat

×

Pengganti Lahan Pembangunan Tol Harus Untungkan Masyarakat

Bagikan berita
Foto Pengganti Lahan Pembangunan Tol Harus Untungkan Masyarakat
Foto Pengganti Lahan Pembangunan Tol Harus Untungkan Masyarakat

Asisten II Pemprov Sumbar Benny Warlis menyebut Sumbar tetap membutuhkan perhatian dari pusat dalam hal pembangunan. Ia mengatakan ada sejumlah proyek yang diharapkan dukungan Komisi V.Proyek itu diantaranya Tol Padang-Pekanbaru, Marina Padang, Trans Mentawai, Fly Over Sitinjau Laut, jalan ke Pelabuhan Teluk Tapang dan Tol Dharmasraya-Pekanbaru.

Terkait persoalan yang ditemui di lapangan, ia mengakui adanya sejumlah masalah dalam pelaksanaan proyek di Sumbar. Ia meminta pejabat teknis untuk memberikan penjelasan agar Komisi V mengetahui persoalannya dengan jelas.Laporan dari pejabat teknis, pembebasan lahan STA 0-4,2 sudah selesai. Beberapa titik yang belum terbebaskan sudah diselesaikan secara kontinyasi.

Sementara STA4,2-36,6 masih dalam proses. Pada ruas itu awalnya ada penolakan dari masyarakat. Penolakan itu diterima gubernur hingga akhirnya dilakukan perubahan trase. Perubahan itu membuat jadwal agak terlambat.Dalam proses pembebasan lahan di trase baru, ada tuntutan hukum dari masyarakat. Pemprov Sumbar kalah hingga ke MA. Namun pemerintah daerah kembali melakukan pendekatan pada pemilik lahan dan mereka setuju untuk proses ulang.

Sementara itu anggota Komisi V DPR RI Drs. H.Tamanuri mencatat persoalan akses jalan keluar dari Terminal Tipe A Anak Air sepanjang 200 meter.Ia menilai akses jalan keluar itu masih sangat sempit padahal akan dilewati bus-bus besar. Setidaknya luas jalan itu sekitar 30 meter agar maksimal.

Ia meminta semia pihak merapatkan koordinasi agar perluasan jalan itu bisa terealisasi.Anggota Komisi V DPR RI asal Sumbar Athari Gauthi Ardi mengatakan semua temuan di lapangan menjadi catatan yang akan ditindaklanjuti.

"Pada dasarnya saya setuju semua usulan dari Pemprov Sumbar. Saya akan berjuang di DPR RI sebagai satu-satunya perwakilan Sumbar di Komisi V" katanya.(104)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini