Berikhtiar dengan Vaksinasi Melawan Pandemi

×

Berikhtiar dengan Vaksinasi Melawan Pandemi

Bagikan berita
Foto Berikhtiar dengan Vaksinasi Melawan Pandemi
Foto Berikhtiar dengan Vaksinasi Melawan Pandemi

Ketua IDI Sumbar Pom Harry Satria menilai distribusi jadi tantangan terbesar karena daerah yang dijangkau bukan perkotaan saja, namun juga daerah perbatasan hingga terisolir hingga kepulauan.Distribusi dan penyimpanan harus dilakukan sedemikian rupa agar vaksinasi tetap efektif.

Ini yang kerap terjadi, seperti kesalahan prosedur penyiapan, penanganan dan penyimpanan sehingga menimbulkan kejadian ikutan pasca imunisasi.Oleh sebab itu ia mengingatkan Dinas Kesehatan selaku penanggung jawab vaksin agar memperhatikan hal ini sehingga jika ada dampak bisa terkendali dengan baik agar kepercayaan masyarakat tinggi.

Ulama Sumatera Barat Buya Masoed Abidin berpendapat pelibatan komponen adat dan agama menjadi salah satu kunci keberhasilan vaksinasi.Sebagaimana diketahui, Sumbar itu kuat adatnya, kokoh agamanya, jika dua komponen ini dilibatkan menjadi salah satu kunci keberhasilan vaksinasi.

Kendala terbesar vaksinasi di masyarakat saat ini adalah adanya keraguan dan banyak beredar informasi hoaks. Untuk menghapus keraguan menjadi keyakinan dan diterima masyarakat, harus diawali dengan memberikan contoh dari pemimpinan itu sendiri dengan pertama kali divaksin.Para dai dan ulama saat berceramah hendaknya turut mengedukasi masyarakat agar pandemi ini bisa berkurang.

Sekarang masih ada yang tidak percaya Covid-19 dengan mengatakan jangan takut pada corona baru dan takutlah hanya pada Allah. Padahal dalam hidup ini ada iman dan ada ikhtiar, dan upaya yang dilakukan lewat vaksin adalah ikhtiar agar masyarakat Indonesia sehat.(*)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini