Apresiasi Budaya Minangkabau Melalui Pembelajaran Ekonomi

×

Apresiasi Budaya Minangkabau Melalui Pembelajaran Ekonomi

Bagikan berita
Foto Apresiasi Budaya Minangkabau Melalui Pembelajaran Ekonomi
Foto Apresiasi Budaya Minangkabau Melalui Pembelajaran Ekonomi

Apresiasi budaya berarti kegiatan mengartikan dan menyadari sepenuhnya seluk beluk budaya serta menjadi sensitif terhadap konsep-konsep budaya sehingga mampu menghargai dan menilai budaya tersebut secara semestinya. Dengan tumbuhnya apresiasi siswa terhadap budaya Minangkabau tentunya akan membuat siswa lebih mengenal budayanya sendiri.Dalam Model pembelajaran terintegrasi budaya Minangkabau, dilakukan pengintegrasian nilai-nilai budaya Minangkabau dalam proses pembelajarannya. Hal ini berarti pembelajaran ekonomi yang dilakukan terintegrasi dengan nilai-nilai budaya Minangkabau. Kebudayaan dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Salah satu manfaat pendidikan untuk kebudayaan adalah menjadi sarana penting dalam melestarikan kebudayaan untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Dalam sudut pandang pendidikan secara individu, pendidikan mengemban dua tugas utama, yaitu peningkatan potensi individu dan pelestarian nilai-nilai budaya. Oleh karena itu kebudayaan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan.

 Budaya merupakan alat yang yang dapat memotivasi siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, bekerja secara kooperatif, dan mempersepsikan keterkaitan antara berbagai mata pelajaran. Dalam pembelajaran terintegrasi budaya, budaya menjadi sebuah cara untuk mentransformasikan hasil observasi siswa ke dalam bentuk-bentuk dan prinsip-prinsip yang kreatif tentang alam. Dengan demikian, proses pembelajaran terintegrasi budaya bukan hanya sekedar mentransfer atau menyampaikan budaya atau perwujudan budaya kepada siswa, tetapi mengembangkan budaya untuk menjadikan siswa mampu menciptakan makna, untuk mencapai pemahaman tentang apa yang sedang dipelajari.

Hasil uji efektivitas model pembelajaran ekonomi terintegrasi budaya Minangkabau juga menemukan bahwa model ini mampu mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan sebelumnya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran ekonomi terintegrasi budaya Minangkabau lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukan bahwa model pembelajaran ekonomi terintegrasi budaya Minangkabau dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang praktis dan efektif untuk meningkatkan apresiasi budaya siswa dan hasil belajarnya.Model pembelajaran ekonomi terintegrasi budaya Minangkabau yang dapat meningkatkan apresiasi budaya dan hasil belajar siswa mampu mengukuhkan secara empirik bahwa peran pendidikan dalam menopang dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional tiga dimensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) sangat penting. Selain itu juga mendukung program pemerintah, dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang memprogramkan kegiatan pengintegrasian nilai-nilai Budaya Alam Minangkabau pada Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran yang relevan di SMA/SMK.

Artikel ini ditulis oleh Armiati, berdasarkan disertasi yang ditulis dalam rangka penyelesaian Program Doktor (S-3) pada Program Studi Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Padang dengan Promotor Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd., dan Co-Promotor Prof. Dr. Agusti Efi, MA. (*) 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini