Kebakaran di Pasbar, Kerugian Diperkirakan Rp1 Miliar

×

Kebakaran di Pasbar, Kerugian Diperkirakan Rp1 Miliar

Bagikan berita
Api membakar rumah dan mobil di Pasaman Barat. (ist)
Api membakar rumah dan mobil di Pasaman Barat. (ist)

Pasbar - Diduga akibat konsleting arus pendek listrik, rumah milik Rostina Siregar (60) di Nagari Sariak, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ludes dilalap si jago merah. Kebakaran terjadi pada Selasa (7/5) sekira pukul 15.30 WIB.

Sekretaris Walinagari Sariak, Andris, mengatakan satu unit rumah beserta bengkel dinamo milik korban ludes terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas tersebut.

Andris menceritakan, kejadian berawal sekitar pukul 15.30 WIB, diduga api berasal dari sambungan arus pendek listrik dari samping rumah milik korban. Saat itu, seorang tetangga korban, Rahmad Hidayat, melihat api yang sudah membesar dan langsung berlari ke Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) untuk menyelamatkan pemilik rumah beserta isinya.

"Alhamdulillah pemilik rumah beserta anaknya dapat diselamatkan, namun satu unit mobil dan tiga unit sepeda motor ikut terbakar. Diperkirakan kerugian mencapai 1 miliar rupiah," jelasnya.

Melihat kejadian tersebut, masyarakat setempat berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Namun, karena banyaknya bahan mudah terbakar dan kobaran api yang semakin besar, upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Berselang waktu, sekira pukul 15.55 WIB, mobil pemadam kebakaran Pemda Pasbar tiba di lokasi kejadian dan langsung berusaha menjinakkan api yang terus membesar.

Alhasil, api baru dapat dipadamkan setelah dua jam dari kejadian. Pihak Damkar bersama masyarakat berjibaku memadamkan api yang terus membakar rumah dan isinya. "Alhamdulillah setelah berjibaku memadamkan api, baru sekira pukul 17.00 WIB api dapat dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh masyarakat," kata Andris. (fat)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini