Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand Kunjungan Studi ke Kuala Lumpur dan Melaka

×

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand Kunjungan Studi ke Kuala Lumpur dan Melaka

Bagikan berita
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand Kunjungan Studi ke Kuala Lumpur dan Melaka
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand Kunjungan Studi ke Kuala Lumpur dan Melaka

PADANG - Sebanyak 15 mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fakulitas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Andalas (FISIP Unand) mengadakan kunjungan studi ke Kuala Lumpur dan Melaka, 23 - 26 April 2024. Tujuan kunjungan di antaranya ke UITM (Universiti Teknologi MARA) Shah Alam, Kuala Lumpur, Karangkraf (grup media dan penerbitan) serta sejumlah objek lokasi wisata di Malaysia.

Mahasiswa yang berangkat merupakan 10 orang awardee atau penerima beasiswa dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) Republik Indonesia yang didanai oleh Kominfo serta lima orang mahasiswa mandiri.

Rombongan dipimpin oleh Dekan FISIP Dr.Azwar,MSi didampingi Wakil Dekan II, Haiyyu Darman Moenir, MSi, Kepala Departemen Ilmu Komunikasi, Dr.Sarmiati, MSi, Sekretaris Program Magister Ilmu Komunikasi, M A Dalmenda, MSi, Dosen Pasca Sarjana Ilkom Unand, Yuliandre Darwis, PhD dan beberapa tenaga kependidikan.

Dalam kunjungan ke UITM, Rabu (24/4), Dekan Fakultas Komunikasi dan Kajian Media UITM, Profesor Madya Dr.Abd Rasid Abd Rahman mengatakan, hubungan antara Unand dengan UITM sudah berlangsung erat sejak lama, bahkan sudah seperti 'abang dan adik'. Ke depan, menurutnya, banyak yang bisa dikerjasamakan antara kedua belah pihak, terutama antara Fakultas Komunikasi UITM dengan FISIP Unand, seperti pertukaran pelajar dan kerja sama lain.

Apalagi, saat ini Fakultas Komunikasi dan Kajian Media UITM tengah mempersiapkan 'Galaxy Classroom', sebuah proyek lanjutan dari smart class yang didukung penuh oleh Samsung dan Google.

"Saat ini Fakulti Komunikasi sudah menjalankan smart classroom. Ke depan, akan ada kerja sama dengan Samsung dan Google untuk mewujudkan Galaxy Campus dengan menghadirkan interactive board, kamera untuk record yang terkoneksi dengan setiap mahasiswa," katanya.

Untuk kerja sama ini, sudah dilakukan MoU dengan Samsung dan Google. Peresmian direncanakan akan dilakukan pada 13 Juni 2024 oleh Menteri Pendidikan Malaysia. Abdul Rasid melanjutkan, kelas nanti akan dilengkapi tiga device, yaitu tab, smartwatch dan smartphone. Kelas akan memberikan learning experience atau pengalaman belajardengan peralatan yang berbeda. Menurutnya, proyek itu merupakan yang pertama di Malaysia dan bahkan menjadi global project.

"Akan ada 60 equipment di kelas. Kita akan usahakan melakukan pertukaran pelajar dengan memberi fasilitas terkini," kata Abd Rasid.

Sementara, Dekan FISIP Unand, Dr.Azwar MSi, memaparkan tujuan ke UITM. Selain untuk mendampingi para mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi, FISIP Unand juga ingin melihat lebih jauh sistem pendidikan dan perkuliahan di UITM sekaligus menjajaki potensi kerja sama. Karena, kolaborasi dengan berbagai fakultas di dalam dan luar negeri merupakan salah satu poin untuk penentuan peringkat perguruan tinggi. Unand sebelumnya juga sudah melakukan kerja sama dengan Universiti Malaysia (UM) berupa pertukaran mahasiswa selama satu semester. Selama masa pertukaran itu, kredit kuliahnya diakui.

"Bisa jadi ke depan, kerja sama seperti ini juga menjadi draft kerja sama kita," ujarnya.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini