Manfaat Boarding School yang Wajib Diketahui

×

Manfaat Boarding School yang Wajib Diketahui

Bagikan berita
Foto Manfaat Boarding School yang Wajib Diketahui
Foto Manfaat Boarding School yang Wajib Diketahui

Bagi sebagian besar orang tua mungkin bingung mengenai perbedaan boarding school dan pesantren. Padahal keduanya jauh berbeda, karena umumnya pesantren didirikan oleh perorangan dengan dana terbatas. Sedangkan boarding school didirikan oleh organisasi atau individu dengan dana yang besar. Oleh karena itu, fasilitas boarding school jauh lebih lengkap dibandingMenyekolahkan anak di boarding school banyak dipilih orang tua zaman sekarang. Pemilihan pada sekolah dengan konsep asrama tersebut diambil dengan mempertimbangkan manfaatnya. Manfaat boarding school bukan hanya berkaitan dengan hal-hal akademis saja tetapi jauh lebih luas dari itu. Boarding school menjamin keamanan lingkungan dan membantu membentuk karakter.

Kalau melihat bagaimana pergaulan anak remaja saat ini, banyak orang tua yang merasa miris. Anak-anak usia remaja yang seharusnya masih belajar di bangku SMP dan SMA, tidak sedikit yang sudah melakukan tindakan kriminal akibat salah pergaulan. Boarding school dianggap oleh orang tua, dapat memberikan perlindungan dari pengaruh buruk pergaulan remaja seperti itu.Sekolah dan tinggal di asrama pada awalnya mungkin akan dirasa berat oleh sebagian siswa. Tetapi kalau sudah terbiasa, sekolah boarding school bisa memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah:

  1. Menumbuhkan Kemandirian
Boarding school adalah tempat yang tepat untuk menumbuhkan kemandirian pada diri anak-anak. Ketika menuntut ilmu dan tinggal di asrama, maka anak harus membiasakan dirinya untuk melakukan apapun sendiri tanpa bantuan orang tua, mulai dari bangun tidur hingga akan berangkat tidur lagi. Di pagi hari misalnya, harus membersihkan dan membereskan kamarnya sendiri.

Jika tidak mau melakukannya sendiri, tidak ada seorangpun yang akan melakukannya untuk dirinya. Orang tua yang biasanya membantu di rumah, juga tidak akan datang hanya untuk membereskan kamar misalnya. Semakin lama, anak-anak akan terbiasa mandiri dan melakukannya sendiri tanpa adanya beban.

  1. Meningkatkan Rasa Disiplin

Meningkatkan rasa disiplin pada diri siswa menjadi salah satu manfaat boarding school yang sangat bagus untuk masa depan anak. Kalau di rumah, anak mungkin sangat sulit ketika disuruh belajar dengan berbagai macam alasan. Tapi di boarding school hal seperti itu tidak bisa dilakukannya lagi.Semua kegiatan sudah diatur dalam jadwal yang jelas, sehingga mau tidak mau siswa harus mengikutinya. Jika ada yang tidak mematuhinya, tentu saja guru atau sekolah akan memberikan sanksi.

  1. Melatih Rasa Tanggung Jawab
Tinggal di asrama akan melatih siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab di dalam dirinya. Rasa tanggung jawab adalah sesuatu yang penting bagi masa depan anak-anak. Mereka akan berlatih untuk bertanggung jawab atas apa yang menjadi kewajibannya, seperti belajar, mengerjakan tugas dan sebagainya.

  1. Memupuk Kebersamaan
  2. Editor : Eriandi
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini