BAZNAS Hadirkan Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik Layani Penyintas Korban Banjir Bandang Sumbar

×

BAZNAS Hadirkan Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik Layani Penyintas Korban Banjir Bandang Sumbar

Bagikan berita
Petugas Baznas membagikan makanan bagi korban bencana banjir bandang di Tanah Datar melalui mobil dapur umum.Ist
Petugas Baznas membagikan makanan bagi korban bencana banjir bandang di Tanah Datar melalui mobil dapur umum.Ist

PADANG - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan kepada para Mustahik. Di antaranya dengan menghadirkan Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik untuk melayani penyintas korban banjir bandang Sumatera Barat.

Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik BAZNAS mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy saat berkunjung ke lokasi bencana di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.

Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum mengatakan Mobil Dapur Umum merupakan inovasi BAZNAS untuk melayani kebutuhan makanan segar "fresh" bagi korban dan penyintas banjir bandang Sumbar.

"Mobil ini didesain khusus dapat bergerak dan berpindah-pindah ke lokasi bencana, terutama yang sulit terjangkau dalam melayani Mustahik," kata Mahdum dalam keterangannya, Senin (20/5/2024).

Selain Mobil Dapur Umum, Mahdum menambahkan, BAZNAS juga menghadirkan inovasi terbaru dalam melayani Mustahik yaitu Mobil Klinik. Kehadiran mobil ini untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada para Mustahik di lokasi pengungsian yang sukit terjangkau, seperti banjir bandang yang melanda Sumatera Barat.

"Jadi mereka tidak harus datang ke BAZNAS. Tetapi BAZNAS yang langsung mendatangi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk para Mustahik khususnya di daerah pengungsian," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengatakan bahwa Mobil Klinik dihadirkan untuk melayani konsultasi dan layanan kesehatan.

"Mustahik dapat melakukan pemeriksaan mulai cek darah, tensi, infus dan seterusnya itu ada di Mobil Klinik BAZNAS," ucapnya.

Sementara itu, Deputi II BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. Imdadun Rahmat menjelaskan Mobil Klinik tidak hanya diperuntukan di satu lokasi saja, namun dapat berpindah sesuai dengan kebutuhan dan tempat Mustahik berada.

"Mobil Klinik ini tidak satu tempat, bisa berpindah-pindah sehingga bagi para pengungsi ataupun Mustahik yang tidak memungkinkan datang ke BAZNAS, BAZNAS bisa datangi satu persatu," imbuhnya.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini