Keterlibatan DMC Dompet Dhuafa dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

×

Keterlibatan DMC Dompet Dhuafa dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

Bagikan berita
Keterlibatan DMC Dompet Dhuafa dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024
Keterlibatan DMC Dompet Dhuafa dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

“Secara struktural upaya yang dilakukan untuk mengurangi kerentanan _(vulnerability)_ terhadap bencana adalah rekayasa teknis bangunan tahan bencana. Sedangkan secara kultural upaya untuk mengurangi kerentanan _(vulnerability)_ terhadap bencana adalah dengan cara mengubah paradigma, meningkatkan pengetahuan dan sikap sehingga terbangun masyarakat yang tangguh,” pungkas Shofa.

Shofa menambahkan, mitigasi kultural termasuk di dalamnya adalah membuat masyarakat peduli terhadap lingkungannya guna meminimalisir terjadinya bencana.

Novil Oksan Putra selaku PLT Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang dalam kegiatan Ngobras pada Kamis (25/4/2024) malam, menyampaikan bahwa sebagai manusia biasa seseorang tidak akan bisa mengontrol alam, namun seseorang memiliki kekuatan untuk bersiap dan bertindak bersama sebagai satu komunitas yang tangguh.

Menurutnya, kesiapsiagaan adalah kunci untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan di masa depan.

Dengan adanya pemahaman yang mendalam tentang potensi bencana, seorang dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

“Kita tidak pernah tahu kapan bencana akan datang, namun dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, kita dapat mengurangi dampaknya dan bahkan menyelamatkan nyawa. Mari kita berkomitmen untuk bekerja sama, belajar bersama, dan menjadi lebih tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang mungkin menghadang,” tutur Novil.

Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diprakarsai BNPB sendiri setiap tahunnya diperingati pada tanggal 26 April. Terpilihnya tanggal 26 April karena dilatarbelakangi dengan ditetapkannya Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang jatuh pada 26 April 2017.

HKBN ini dicetuskan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tujuannya agar bisa meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan seluruh lapisan masyarakat agar menjadi Indonesia Tangguh Bencana.

Kawan Baik, dengan keterlibatan DMC Dompet Dhuafa dalam HKB N 2024 menegaskan sikap dan komitmen DMC Dompet Dhuafa dalam upaya-upaya kesiapsiagaan bencana, dan berikhtiar untuk terus menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana di negeri ini. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang. (KN/MAA/DMC Dompet Dhuafa)

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini