Erupsi Gunung Marapi, Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan untuk Petani Terdampak

×

Erupsi Gunung Marapi, Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan untuk Petani Terdampak

Bagikan berita
Foto Erupsi Gunung Marapi, Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan untuk Petani Terdampak
Foto Erupsi Gunung Marapi, Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan untuk Petani Terdampak

Batusangkar- Dampak dari erupsi Gunung Marapi yang terjadi beberapa waktu lalu telah menyebabkan kerusakan pada lahan pertanian masyarakat, terutama gagal panen bagi petani yang berkebun sayuran seperti cabai, tomat, bawang, kubis, seledri, wortel, dan kentang.Empat bulan setelah erupsi, dampaknya masih terasa, meskipun tidak sekuat letusan sebelumnya, namun masih menimbulkan kesulitan bagi para petani yang harus mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama di bulan suci Ramadhan. Untuk meringankan beban para petani yang terdampak erupsi Gunung Marapi, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp700 ribu per KK dan bantuan beras per jiwa.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Eka Putra, pada Senin (25/03), di Masjid Aqsha Nagari Sabu Kecamatan Batipuh. Bupati Eka Putra menjelaskan bahwa penyaluran BLT ini berawal dari kunjungannya ke posko pengungsian erupsi Gunung Marapi beberapa waktu lalu, di mana lima kecamatan terdampak, yaitu Kecamatan X Koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Pariangan, dan Lima Kaum. Pihaknya kemudian memerintahkan Kepala Dinas Pertanian untuk mendata lahan pertanian yang terdampak untuk mendapatkan BLT.Bupati juga menyampaikan bahwa ada tiga kelompok tani yang gagal panen dan mendapatkan bantuan sebesar Rp78 juta sesuai dengan Program Daerah Asuransi Tani. Ia menekankan pentingnya pendataan yang akurat agar tidak ada petani yang terdampak namun tidak terdaftar dan tidak mendapatkan bantuan.

Selain itu, di tahun 2024 ini, di Nagari Sabu akan dilakukan pembangunan jalan untuk memperbaiki akses masyarakat dengan anggaran Rp7,2 miliar.Kepala Dinas Pertanian, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa luas lahan yang terdampak dari erupsi Gunung Marapi adalah 1.114 Ha, khususnya lahan hortikultura. Ada sekitar 3.545 petani yang terdampak, dan bantuan BLT dan beras sudah mulai disalurkan kepada petani yang telah lengkap administrasinya.

Wali Nagari Sabu, Edri Fauzen Dt. Kayo, mengatakan bahwa lahan masyarakat belum bisa ditanami sayuran setelah erupsi Desember lalu, namun ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Eka Putra atas upayanya dalam memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak, dan berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. (mc)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini