Targetkan 1000 Pengunjung Sehari, Pemprov Gelar Semarak Ramadhan di Masjid Raya Sumbar

×

Targetkan 1000 Pengunjung Sehari, Pemprov Gelar Semarak Ramadhan di Masjid Raya Sumbar

Bagikan berita
Foto Targetkan 1000 Pengunjung Sehari, Pemprov Gelar Semarak Ramadhan di Masjid Raya Sumbar
Foto Targetkan 1000 Pengunjung Sehari, Pemprov Gelar Semarak Ramadhan di Masjid Raya Sumbar

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar Event Semarak Ramadhan pada Ramadhan tahun 1445 H ini. Kegiatan akan berlangsung 22 hingga 31 Maret 2024 di Masjid Raya Sumbar.Event itu rencananya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 23 Maret mendatang.

"Tahun ini adalah tahun kedua kita melaksanakan event Sumarak Ramadhan dan kita berharap kunjungan wisata di Sumatera Barat akan meningkat," kata Kepala Bidang Pemasaran Dispar Sumbar Asril, saat jumpa pers dengan awak media di ruangan Command Center Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Selasa (20/3).Asril menjelaskan, kegiatan Sumarak Ramadhan dilaksanakan untuk semakin menguatkan Provinsi Sumbar sebagai Destinasi Wisata Halal di Indonesia, seperti tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal.

Selain itu, kegiatan Event Sumarak Ramadhan 1445 H ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Sumbar bekerja sama dengan stakeholder terkait dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisata dan tentunya  meramaikan Masjid Raya Sumbar yang merupakan Masjid kebanggaan masyarakat Minangkabau.Pengunjung dapat menjelajahi beragam produk fast-moving consumer goods dan produk bermain anak. Tidak hanya itu, tersedia pula ruang bermain anak untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi keluarga. Selain itu, terdapat layanan keuangan seperti tempat penukaran uang dan pembayaran melalui QRIS untuk kemudahan transaksi.

Dikatakannya, pembukaan Sumarak Ramadan Tahun 2024 dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur, Audy Joinaldy serta Forkopimda dan OPD.Dalam kegiatan juga digelar beragam konten menarik di antaranya lomba tahfiz Quran, lomba qasidah, lomba dai cilik, dan lomba nasyid yang diadakan dengan berbagai kategori umur.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati cerita kisah nabi, mini forum, tutorial, workshop, dan sesi sharing yang mengedukasi serta menginspirasi. Khusus untuk anak-anak, tersedia pula program edukasi yang menyenangkan.Tidak ketinggalan, Sumarak Ramadan juga menampilkan Pasar Pabukuan dan Bazar dengan berbagai produk unik dan menarik yang menggambarkan kekayaan budaya dan kerajinan lokal. Ini menjadi kesempatan yang baik bagi pengunjung untuk memperoleh oleh-oleh khas Sumbar.

Panitia menyediakan sekitar 150 tenan, dengan target wisatawan sekitar 1.000 pengunjung setiap harinya, Sumarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar bakal menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi semua kalangan, memperkaya khasanah budaya dan agama dalam suasana yang penuh keceriaan dan kebersamaan.Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Indra Sukma, mengusulkan pelaksanaan bazar di halaman kantor Gubernur disatukan dengan event Sumarak Ramadhan.

"Kita berharap pelaksanaan event atau bazar-bazar lain yang akan digelar di Pemprov Sumbar dilaksanakan diwaktu dan tempat yang sama, dengan tujuan memaksimalkan kunjungan wisata," ucap Indra.Dalam event Sumarak Ramadhan 1445 H akan diisi dengan berbagai sumarak seperti, Sumarak Kuliner, Sumarak Ekonomi Kreatif (Ekraf), Sumarak Fashion, Sumarak Produk Anak (Produk Fashion Anak, Produk Mainan Anak), Wahana Bermain Anak, Aneka Lomba (Lomba Tahfizh, Lomba Da'i Cilik), Panggung Kreasi Anak dan event menarik lainnya. (104)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini