Pemkab Tanah Datar Menggelar Pasar Murah

×

Pemkab Tanah Datar Menggelar Pasar Murah

Bagikan berita
Foto Pemkab Tanah Datar Menggelar Pasar Murah
Foto Pemkab Tanah Datar Menggelar Pasar Murah

BATUSANGKAR - Menyikapi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Bulan Ramadan 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar turun tangan untuk mengendalikan situasi tersebut. Pemkab Tanah Datar bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tuah sepakat untuk menggelar pasar murah di Batusangkar pada Kamis, (7/3/2024)."Kami mengadakan pasar murah di balai kunyik ini guna mengendalikan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi dan Perdagangan Tanah Datar, Yorry Irawan.

Yorry menjelaskan bahwa beberapa jenis kebutuhan pokok tersedia di pasar murah tersebut, termasuk cabai, gula, telur, ayam, hingga ikan segar. Harga satuan dari barang-barang tersebut disubsidi oleh pemerintah daerah sehingga lebih rendah sebesar Rp1000 atau lebih dibandingkan harga pasar.Sebagai contoh, harga beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) berat 5 kg dijual seharga Rp57.500 atau Rp115.000 per 10 kg. Sedangkan untuk komoditas cabai dijual dengan kisaran harga Rp75.000 per kg, minyak goreng merek minyak dijual seharga Rp15.500 untuk satu liter, dan telur ayam ras dijual seharga Rp43.000 per zak atau menyesuaikan dengan ukuran.

Yorry menjelaskan bahwa kenaikan harga bahan pokok disebabkan oleh tingginya permintaan dari konsumen dan kurangnya suplai dari kalangan petani, terutama dengan kondisi saat ini di Tanah Datar yang tengah dilanda erupsi Gunung Marapi, sehingga menyebabkan kurangnya suplai dari petani. (rl0

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini