KPU dan Bawaslu Bersitegang Terkait Hasil Rekapitulasi Pemilu di Payakumbuh

×

KPU dan Bawaslu Bersitegang Terkait Hasil Rekapitulasi Pemilu di Payakumbuh

Bagikan berita
Foto KPU dan Bawaslu Bersitegang Terkait Hasil Rekapitulasi Pemilu di Payakumbuh
Foto KPU dan Bawaslu Bersitegang Terkait Hasil Rekapitulasi Pemilu di Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Kota Payakumbuh terjadi ketegangan antara KPU dan Bawaslu setelah terjadi perselisihan sebanyak tiga suara dalam sesi pembacaan hasil rekap dari Payakumbuh Timur. Namun, setelah dilakukan renvoi, hasil akhir akhirnya sama. Meski demikian, Bawaslu merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan penghitungan ulang dengan membuka kotak suara yang telah tersegel.Rekomendasi ini menimbulkan sedikit ketegangan, karena KPU telah menjelaskan segala kesalahan telah diperbaiki dan hasilnya sudah sesuai.

Namun, Bawaslu tetap memperjuangkan penghitungan ulang dengan alasan tidak ingin menghilangkan hak suara orang atau calon.Ketua KPU Payakumbuh, Wizri Yasir, menjelaskan jumlah suara sah dan tidak sah telah diverifikasi dengan seksama dan jumlahnya tetap sama.

Wizri menegaskan proses penghitungan ulang akan dilakukan hanya pada surat suara yang tidak sah, sesuai rekomendasi Bawaslu. Namun, dia meyakinkan hal ini tidak akan menimbulkan masalah baru, karena proses telah berjalan dengan baik dari tingkat TPS hingga kecamatan.Sementara itu, Ketua Bawaslu menyampaikan rekomendasi untuk pembukaan ulang kotak suara didasarkan pada selisih suara yang ditemukan di salah satu TPS. Jika setelah penghitungan ulang tidak ditemukan perbedaan, Bawaslu akan melaporkan hal ini ke tingkat atas untuk ditindaklanjuti.

Rapat pleno yang dihadiri oleh PPK dari 5 kecamatan berjalan dengan aman di bawah pengawalan kepolisian dan TNI. (bl)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini