Terbelah, Jalan Provinsi di Sawahlunto Rusak Parah

×

Terbelah, Jalan Provinsi di Sawahlunto Rusak Parah

Bagikan berita
Foto Terbelah, Jalan Provinsi di Sawahlunto Rusak Parah
Foto Terbelah, Jalan Provinsi di Sawahlunto Rusak Parah

SAWAHLUNTO - Sejauh 7 KM, jalan Provinsi di Kota Sawahlunto mengalami kerusakan parah, membentang dari Karang Anyar hingga Waringin, Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin Sawahlunto. Bahkan, jalan beton dekat Pasar Sapan nyaris putus dan terbelah, seperti yang terpantau langsung oleh Singgalang pada Rabu (24/1).Selanjutnya, sepanjang 300 meter dari Waringin menuju Balaikota juga terbelah dan berlobang dalam. Di depan Perumahan empat Kelurahan Durian - 1, Tanjakan Santur, Kelok Macan, dan depan Mapolres Sawahlunto, kondisinya sangat parah dan membahayakan.

Sementara itu, jika jalan Provinsi ini putus, transportasi warga setempat ke daerah tetangga bisa lumpuh, berdampak pada ekonomi masyarakat.Pihak berwenang dari PUPR Provinsi, didampingi Pj.Wako Sawahlunto Zefnihan dan OPD terkait, telah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah jalan yang rusak parah. Namun, belum ada kejelasan mengenai kapan perbaikan akan dilakukan, padahal penanganan yang cepat sangat dibutuhkan.

Kapolsek Barangin Iptu.Joni Indra, S.H ,MH bersama Kanit Tipikor Iptu.Regar dari Singgalang, telah melakukan peninjauan langsung di jalan beton dekat Pasar Sapan. Sebab, baru satu tahun berjalan, beton bertulang besi tersebut sudah patah dan terbelah.Menurut Kapolsek, akibat buruknya jalan Provinsi tersebut, sudah banyak warga daerah ini yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Sedangkan, jalan yang baru dua tahun lalu diperbaiki dengan biaya cukup besar itu, bersama Kanit Tipikor, akan terus dikembangkan oleh kontraktor dari Pekanbaru," ungkap Kapolsek.

Saat Tour De Singkarak masih ada perbaikan, namun setelah event nasional itu berakhir, jalan yang direhab total pada tahun 1992 itu, seolah dibiarkan rusak parah. Padahal, Sawahlunto sebagai tujuan wisata dan kota Warisan Budaya Dunia UNESCO, sangat tidak pantas seperti itu, ujar Kang Memen, warga Lubang Panjang yang juga Ketua RT 01.Kepala PUPR Sawahlunto menyatakan bahwa perbaikan jalan Provinsi tersebut adalah kewenangan Provinsi. Oleh karena itu, pihaknya hanya dapat melakukan perbaikan di wilayahnya. Ruas jalan Provinsi yang rusak parah juga terjadi di Kecamatan Silungkang dan Sijantang Kecamatan Talawi yang membutuhkan penanganan cepat.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini