Pasa Pabukoan Pakan Akaik Selalu Ramai

×

Pasa Pabukoan Pakan Akaik Selalu Ramai

Bagikan berita
Foto Pasa Pabukoan Pakan Akaik Selalu Ramai
Foto Pasa Pabukoan Pakan Akaik Selalu Ramai

Banuhampu - Jelang waktu berbuka puasa, pasar ini ramai dikunjungi masyarakat. Pasar pabokuan atau takjil  ini disebut Pakan Akaik yang terletak sebelah utara Nagari Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Anehnya, pasar ini hanya ada di bulan suci ramadhan. Di hari-hari biasa tak tampak warga berjualan.Di Pasa Pabukoan Pakan Akaik Nagari Kubang Putiah terdapat puluhan pedagang yang menjual aneka jenis makanan dan minuman. Karena banyaknya pilihan menu dan harga yang relative murah, membuat pasar ini menjadi daya tarik bagi para pembeli.

Pantauan Singgalang Sabtu kemarin, pasar yang luasnya lebih kurang 200 meter per segi itu penuh sesak oleh pengunjung. Para pengunjung yang berbelanja ke Pasa Pakan Akaik ini berasal dari wilayah sekitarnya seperti Sungai Pua, Batu Palano, Ampek Angkek dan kota Bukittinggi. Pasar ini memiliki beberapa los besar yang pebuh diisi oleh lapak pedagang.Umumnya, los pertama diisi oleh pedagang berbagai gorengan hingga minuman. Sementara los kedua, terdiri dari pedagang makanan. Di luar los, masih ada pedagang lain yang berjualan. Saking ramainya pembeli, berjalan pun susah. Para pembeli terlihat antri dan sabar menunggu pesanan makanan. Jenis makanan yang paling laku adalah pecal, bubur kampiun dan sejumlah sambal khas yang memancing selera untuk santapan berbuka puasa.

Walinagari Kubang Putiah Delwizar,ST kepada Singggalang mengakui  Pasa Pabukoan Pakan Akaik  selalu dikunjungi masyarakat yang ingin mencari pabukoan masakan khas kampuang. Pedagang yang berjualan di pasar ini merupakan kegiatan home industry rumah tangga dari warga Kubang Putiah.“Disamping banyak pilihan makanan dan minuman untuk berbuka, juga harganya sangat terjangkau. Bupati Andriwarman  dan tim penilai selalu berkunjung ke Pakan Akaik Nagari Kubang Putiah untuk melihat geliat ekonomi warga di Pasa Pabukoan Pakan Akaik ini. Kehadiran Bupati AWR tentu menambah kegairahan masyarakat untuk datang ke lokasi ini”, ujar Delwizar yang didampingi  Wali Jorong Pakan Akaik.

Salah seorang pengunjung Suci, warga Perumnas Kubang Putiah  menyampaikan senang belanja  Takjil di Pakan Akaik ini karena harga terbilang murah dan menunya banyak pilihan.“Setiap bulan Ramadhan Pakan Akaik selalu ramai dikunjungi. Saya dan anak suka berbelanja ke sini. Menu pilihannya adalah pecal, bubur kampiun, cendol dan gorengan seperti soles dan sala. Supaya tidak terlalu beredasakan dan antri menunggu lama, sebaiknya pengelola pasar mengatur alur masuk dan ke luar bagi pembeli”, sebutnya memberi saran.  (as)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini