Selamat jalan Pak Irsyad, Wartawan dan Politikus

Foto Harian Singgalang
×

Selamat jalan Pak Irsyad, Wartawan dan Politikus

Bagikan opini

Tugasnya menulis berita - berita stoper - begitu istilahnya masa itu - untuk mengisi lay out halaman kosong. Itu di luar tugas saya sebenarnya, namun menyenangkan karena itu merupakan pengenalan awal terhadap tugas-tugas redaksional.Kelak pengalaman itu berguna dan terpakai saat saya memimpin media pers. Hampir setiap malam di malam- malam dead line itu kami berboncengan menyusur jalan Kramat Raya menuju percetakan di daerah Kota dengan skuter miliknya.

Irsyad sosok energik dan kreatif. Panutan kalangan wartawan yunior. Saya banyak menyerap ilmunya.Cara dia mengatur waktu antara aktifitas sehari-harinya yang padat sebagai wartawan, redaktur pelaksana surat kabar harian penting di Indonesia, dengan aktifitas sebagai pengurus ormas MKGR, mengagumkan. Melalui ormas MKGR (Musyawarah Kerja Gotong Royong salah satu kino Golkar) itulah yang menjadi akses dia terjun ke politik bergabung dengan Golkar hingga berhasil meraih cita-citanya sebagai anggota parlemen.

(Dulu masih boleh wartawan merangkap sebagai politikus). "Tidak ada yang berubah, tidak ada yang berbeda," ujarnya.Aspirasi rakyat yang disuarakan wartawan, diperjuangkam anggota DPR menjadi regulasi di parlemen," sambungnya.

Secara teratur setiap minggu dia aktif menulis artikel yang bersifat renungan ( ingat backgroundnya sebagai guru agama) untuk rubrik tetapnya.Nama yang dipakai artikel itu nama samaran: Abu Firman. Pembaca tulisannya cukup luas, dari pelbagai kalangan. Bisa dilihat dari jumlah surat pembaca yang merespons. Tulisan di rubrik itu juga diikuti Wakil Presiden RI Adam Malik.

Berita kepergian almarhum disampaikan pertama kali oleh Azimah, sang menantu. Tidak lama setelah Irsyad dinyatakan tiada.Dalam sepekan ini, kami kehilangan dua kawan wartawan senior, yang kebetulan mentor kami satu "almamater".

Sebelumnya, Minggu, 25 September lalu, Darmansyah Darwis berpulang dalam usia 79 tahun. Almarhum juga wartawan senior, mantan Wakil Pemimpin Redaksi HAB.Almarhum Irsyad Sudiro semalam disemayakan di rumah duka: Jl. Salak Raya No. 45 RT 02 RW 01, Mampang, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Jenasahnya akan dikebumikan hari Jumat (30/9) siang selepas Salat Jumat di TPU Pitara Depok.

Selamat jalan Pak Irsyad dan Pak Darman. Semoga Husnul Khotimah. Al Fatihah.Jakarta, 30 September 2022.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini