105 Tahun Balai Pustaka, Rumah Peradaban Indonesia

Foto Harian Singgalang
×

105 Tahun Balai Pustaka, Rumah Peradaban Indonesia

Bagikan opini

Dan sekarang BP resmi menjadi anggota Holding PT Danareksa (Persero). Lalu penerbit ini meluncur ke dunia animasi (2016), mengembangkan konten buku menjadi film animasi, seperti Film Lutung Kasarung dan Timun Emas. Berikut Audio Book (2017), diluncurkan audio vook diangkat dari buku-buku back list serta buku baru BP yang kembali diterbitkan dan dibuat dalam format audio book. Kemudian lagi memperkenalkan edubp (2019), perpustakaan digital berbentuk smartbox yang berisikan platform, konten, animasi, dan video yang dikemas.BP adalah sejarah yang lama berjalan lambat mengikuti perjalanan bangsa. Bahkan pernah "dilupakan". Kini, sebagaimana jamaknya perusahaan yang sedang berbenah, BP melangkah pasti, walau bacaan baru masih banyak sekali yang diserahkan ke penerbit swasta. Paling tidak, BP telah bersiap berlari dan terus mencetak buku lama, memberikan bacaan bermutu untuk anak bangsa.

Dirut BP menulis, "Balai Pustaka sejak kelahirannya telah menjadi rumah besar bagi para Sastrawan dan para pejuang bangsa*Dari rahimnya terlahir karya sastra fenomenal seperti Sitti Nurbaya, Salah Asoehan. Layar Terkembang, Sengsara Membawa Nikmat dan karya besar lainnya.

Balai Pustaka kini telah tumbuh dan berkembang menjadi industri kreatif berbasis pengembangan Intelectual Property yang dimilikinya.Sebagai IP Licensing Company, Balai Pustaka telah mengembangkan berbagai produk, seperti Pustaka Digital (EduBP), Audio Book, e.Book, Film Layar Lebar, Film Animasi, Sinetron, NFT, Webtoon dan Pengembangan Karakter berbasis IP.

Balai Pustaka juga dipercaya membuat video promosi, video korporasi dan content creative lain dari korporasi swasta, BUMN, Kementerian dan Lembaga.Untuk Produk Pustaka Digital (EduBP) telah dikukuhkan menjadi salah satu produk terbaik BUMN dan telah dipasang di berbagai lokasi yang tidak terkoneksi internet di berbagai wilayah bekerja sama dengan segenap BUMN, Anak Usaha BUMN, Perpustakaan Nasional dan Swasta.

*Menteri BUMN bersama Dirut Holding Danareksa selalu mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada Balai Pustaka agar semakin berkembang sebagai IP Licensing Company.

Dengan tagline Semangat Transformasi Meraih Harapan berharap insan Balai Pustaka akan semakin kreatif dalam menjemput masa depan dalam pembinaan induk Holding Danareksa.(*)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini