Perantau Pasaman Barat Prihatin Tambang Ilegal Rusak Lingkungan Hidup Warga

×

Perantau Pasaman Barat Prihatin Tambang Ilegal Rusak Lingkungan Hidup Warga

Bagikan berita
Foto Perantau Pasaman Barat Prihatin Tambang Ilegal Rusak Lingkungan Hidup Warga
Foto Perantau Pasaman Barat Prihatin Tambang Ilegal Rusak Lingkungan Hidup Warga

  • Melakukan kajian, analisa dan rekomendasi tentang peran adat, agama dan budaya dalam kerangka pelaksanaan prinsip ”Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah. Syarak Mangato, Adik Mamakai” di Pasaman Barat untuk menyelamatkan kelangsungan hidup masyarakat di Pasaman Barat;
  • Membuat dan mengirimkan laporan pelaksanaan tugas Tim IKPB Jaya Untuk Pasaman kepada Pengurus IKPB Jaya.
  • Salah satu puncak kekecewaan masyarakat terhadap persoalan tambang ilegal ini telah mendorong ratusan warga Taming untuk mencegat dan menghadang iring-iringan rombongan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi pada Minggu (29/1/2023) lalu.

    Aksi ini dipicu oleh kekecewaan masyarakat terhadap adanya praktek tambang ilegal di kawasan Sungai Taming dan Sungai Batahan, menyebabkan sungai menjadi keruh dan kerap terjadi banjir.Senator DPD RI, Emma Yohanna telah menyampaikan kasus penambangan ilegal di Ranah Batahan dan Nagari Muara Kiawai kepada Menteri ESDM dalam rapat kerja Komisi II DPD di Gedung DPD Senayan pada Selasa (31/1/2023).

    “Saat ini suasana sangat memprihatinkan, air sungai keruh akibat adanya penambangan illegal. Kondisi seperti itu dikeluhkan masyarakat kepada pemerintah daerah karena berlangsung sangat lama, namun perusahaan yang menggarapnya masih tetap melakukan operasi sehingga terkesan adanya beking dari pihak lain,” kata Emma Yohanna dalam rapat kerja tersebut.(rls)

    Editor : Eriandi
    Tag:
    Bagikan

    Berita Terkait
    Ganefri
    Terkini