Akidi Tio, Ai Lap Yu Pul

×

Akidi Tio, Ai Lap Yu Pul

Bagikan berita
Foto Akidi Tio, Ai Lap Yu Pul
Foto Akidi Tio, Ai Lap Yu Pul

Sampai tengah malam saya gagal  mencari tahu siapa mendiang Akidi Tio. Sudah menghubungi ke pelbagai sumber tapi tak berhasil . Saya memang sudah putus asa ketika Anwar Fuady yang paling saya andalkan, tidak mengenal Akidi Tio.  Menjelang tidur ingatan malah melayang ke sosok Muhammad Nuh. Warga Jambi itu pernah bikin geger tahun lalu dalam urusan sumbangan untuk atasi pandemi Covid-19Masih ingat kisah Muhammad Nuh yang ikut lelang motor listrik Gesits milik Presiden Jokowi? Yup. Yang memenangkan  lelang dI "Konser Virtual Berbagi  Kasih Bersama Bimbo” 17 Mei 2020. Acara itu untuk menggalang dana penanggulangan Covid19.

Muhammad Nuh yang tinggal di kampung Manggis, Jambi, diumumkan oleh host konser sebagai penawar lelang tertinggi, yaitu Rp2.550 juta untuk sepeda motor Gezit, sumbangan Presiden.Ternyata panitia konser salah “ loket”. Muhammad Nuh bukanlah pengusaha tambang seperti yang diidentifikasi  oleh host acara. Pekerjaan Nuh hanya buruh lepas harian yang justru bagian yang terkena imbas pandemi. Dia malah tidak bisa bekerja  lagi, dan mengingat status pekerjaannya, Nuh  termasuk rakyat yang layak  menerima bansos.

Dari ceritanya, Nuh mengaku seperti itu. Justru merasa menang kuis dan berhak atas uang senilai Rp2.550 juta. Dia mengira acara lelang itu kuis Jokowi. Pasti acara bagi-bagi hadiah buat rakyat. Seperti lazimnya  kalau Presiden RI  bagi-bagi sepeda atau traktor. Dia pun langsung menelpon host lelang. Di sini terjadinya kesalahpahaman.Begitu sadar keliru, Muhammad Nuh langsung mematikan telpon. Semalaman dia bersembunyi karena takut dicari polisi. ( Baca artikel "Hidup Muhammad Nuh" oleh Ilham Bintang,17 Mei 2020).

Akidi Tio jelas bukan Muhammad Nuh. Keluarga almarhum Akidi Tio menyampaikan sumbangannya dalam acara resmi. Sumbangannya secara simbolik diterima  Kapolda  Sumsel yang kebetulan mengenal secara pribadi keluarga mendiang. Sedangkan Muhammad Nuh produk  salah paham semata, ikut lelangnya secara virtual pula.Banyak unsur  yang membedakan Nuh dengan Akidi.  Seperti pengakuannya tadi,  Nuh mengira acara lelang yang digagas  Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo, acara Kuis. Nuh berpatokan pada nalarnya sendiri . Begitu dia dengar di layar televisi  hadiah motor dari Presiden Jokowi, langsung terharu. Kuat melekat dibenaknya: ini pasti bagi- bagi hadiah lagi. Kasihan.

Kembali ke Akidi Tio. Ai lap yu pul, Pak. Terima kasih kepada seluruh keluarga. Semoga kebaikan keluarga besar Akidi Tio bermanfaat besar bagi masyarakat Palembang.  Sedangkan penyumbang dibalas berlipat oleh Tuhan Yang Maha Kaya.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini