Ini Profil Enam Menteri Baru Jokowi

×

Ini Profil Enam Menteri Baru Jokowi

Bagikan berita
Foto Ini Profil Enam Menteri Baru Jokowi
Foto Ini Profil Enam Menteri Baru Jokowi

Pria kelahiran 8 Juli 1964 itu dikenal sebagai bankir senior yang berpengalaman. Budi sebenarnya memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Fisika Nuklir lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).Perjalanan karier Budi dimulai pada tahun 1988 dengan menjadi Staf Teknologi Informasi IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang. Setelah itu, Budi dipindah ke IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai System Integration & Professional Services Manager.

Kemudian, karier Budi Gunadi Sadikin berlanjut di Bank Bali dengan beberapa jabatan sebagai General Manager Electronic Banking Wilayah Jakarta dan Chief General Manager Human Resources hingga 1999. Setelah itu, Budi bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Consumer Banking hingga 2004.Selanjutnya, da menjadi Executive Vice President Consumer Banking di Bank Danamon dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance. Pada tahun 2006, Budi bergabung ke Bank Mandiri hingga akhirnya menjadi Direktur Utama Bank Mandiri pada 2013. Pada 2016, Budi menjadi Staf Khusus Menteri BUMN Rini Sumarno.

Budi Sadikin juga pernah memimpin PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) sekaligus memimpin holding BUMN sektor energi. Saat memimpin Inalum, Budi berperan dalam pengalihan mayoritas saham di tubuh PT Freeport Indonesia ke pemerintah Indonesia.Terakhir, ia menjabat sebagai Wakil Menteri I BUMN periode 2019—2024 dan Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) untuk menangani masalah sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Tugas sebagai Menkes mengharuskan Budi untuk membereskan masalah tata kelola keuangan di BPJS Kesehatan, menyelesaikan masalah penanganan pandemi Covid-19 dan juga masalah kesehatan lainnya.6. Sandiaga Salahudin Uno. Sandiaga akan dipercaya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnu Utama. Pria kelahiran Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969 itu merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 sebelum meninggalkan jabatannya untuk menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Anak pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman itu dikenal sebagai pengusaha sukses dan pencetus program ekonomi kerakyatan OKE OCE dan Rumah Siap Kerja. Meski tajir, Sandi dikenal lebih suka mengendarai mobil Nissan Grand Livina untuk kesehariannya.Sandi merupakan lulusan George Washington University dengan predikat Summa Cum Laude. Sandi pernah menjadi Executive Vice President di perusahaan NTI Resources Ltd, sebuah perusahaan minyak dan gas di Kanada dengan gaji 8.000 dollar per bulan. Namun, saat perusahaannya terkena badai krisis moneter, Sandi terdampak imbasnya karena terkena Pemutusan Hubungan Kerja.

Bersama rekannya Rosan P Roeslani, ia kemudian mendirikan Recapital Advisors, sebuah perusahaan konsultan keuangan. ia juga mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), sebuah perusahaan investasi yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi, konsumer dan produk kehutanan dan berkembang membawahi belasan anak perusahaan serta puluhan ribu karyawan. Sandi pernah didaulat sebagai orang terkaya nomor 37 di Indonesia versi Majalah Forbes tahun 2011. (rin/*) 

  

 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini