Perspektif Kesehatan dalam Sebuah Demo

×

Perspektif Kesehatan dalam Sebuah Demo

Bagikan berita
Perspektif Kesehatan dalam Sebuah Demo
Perspektif Kesehatan dalam Sebuah Demo

Ketujuh, organisasi jaringan kesehatan termasuk komunikasi. Organisasi jaringan kesehatan sebaiknya terintegrasi agar komunikasi dapat dilakukan sebaik mungkin. Dalam suatu organisasi kesehatan tentu diutamakan menolong korban dan membantu memulihkan kesehatan peserta demo tanpa dibeda-bedakan. Penggunaan berbagai fasilitas komunikasi yang tersedia seperti berbagai media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) hingga media komunikasi pribadi  seperti WhatsApp, Blackberry Message, Line dan lain sebagainya tentu akan sangat memudahkan.

Kedelapan, pemetaan masalah kesehatan yang akan muncul di lapangan. Pemetaan/mapping terhadap berbagai masalah yang mungkin akan muncul di lapangan pada saat demo, idealnya dilakukan sehari sebelum aksi tersebut berlangsung. Pemetaan ini akan sangat membantu terutama jika selalu di-update dan dikomunikasikan dengan tim lainnya sehingga dapat saling melengkapi.Kesembilan, kesiapan alat kesehatan dan pendukung medis maupun non- medis. Alat kesehatan dan pendukung medis maupun non-medis harus disiapkan dengan baik sesuai fungsi dan kemampuan yang ada. Setiap tim perlu mendeklarasikan kesiapan fasilitas mereka untuk dapat saling membantu dan melengkapi.

Kesembilan hal ini juga perlu dipikirkan bagi peserta demo non- dokter. Bukankah tujuan Anda untuk ikut demo adalah agar tetap bisa kembali ke rumah dengan selamat dan bertemu dengan keluarga tercinta?Semoga tulisan ini dapat membantu dalam meminimalkan jumlah korban demo. Jika ada korban semoga semakin memperbanyak korban demo yang dapat dipulihkan kesehatannya. Ini sebagai salah satu upaya pencegahan dalam menurunkan angka kesakitan dan cidera di masyarakat. (penulis adalah dokter)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini