Matematika Realistik Tangga Meningkatkan Literasi Matematika Siswa

×

Matematika Realistik Tangga Meningkatkan Literasi Matematika Siswa

Bagikan berita
Foto Matematika Realistik Tangga Meningkatkan Literasi Matematika Siswa
Foto Matematika Realistik Tangga Meningkatkan Literasi Matematika Siswa

Bagian terpenting dalam literasi matematika adalah proses matematisasi yang dimaknai sebagai proses merumuskan, mengunakan dan menafsirkan serta mengevaluasi matematika dalam berbagai konteks. Pada aplikasinya pemilihan strategi ataupun representasinya sangat bergantung pada situasi atau konteks masalah yang akan dipecahkan. Hal ini memerlukan ketrampilan siswa untuk menerapkan pengetahuannya dalam berbagai konteks. Selanjutnya, dalam literasi matematika juga memperhatikan proses matematika yang dominan dalam suatu permasalahan, serta tipe dan level soal. Fakta dilapangan menunjukkan masih banyak siswa yang kesulitan untuk melakukannya. Siswa yang telah mampu menerapkan pengetahuannya dalam suatu konsteks belum tentu dapat mengaplikasikannya dalam konteks yang berbeda, dan lemahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal-soal level tinggi. Siswa perlu untuk mengalami proses pemecahan masalah dalam berbagai situasi dan konteks, proses matematika, tipe dan level soal yang berbeda agar dapat mengunakan keterampilannya secara efektif. Hal inilah yang terabaikan oleh para guru ataupun peneliti ketika menerapkan suatu model atau pendekatan pembelajaran kontekstual lainnya, sekaligus sebagai kelemahan dari model atau pendekatan tersebut, karena konteks, proses, tipe dan level soal tidak dinyatakan secara eksplisit pada soal-soal kontekstual yang diberikan. Pengalaman ini dapat difasilitasi melalui inovasi model PMB-PMR yang diintegrasikan aspek-aspek litersi matematika ke dalamnya yang memberikan siswa pengalaman tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas, maka patut diyakini bahwa inovasi model PMB-PMR ini layak digunakan sebagai salah satu solusi alternatif terhadap permasalahan pembelajaran matematika di sekolah, terutama permasalahan rendahnya literasi matematika siswa di SMP.Artikel ini ditulis oleh Mahasiswa Program Doktor Pascasarjana UNP, Rusdi, dengan Komisi Promotor 1) Prof. Dr. I Made Arnawa, M. Si, 2) Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M. Sc, 3) Prof. Dr. Lufri, M.S

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini