Pilgub Sumbar, Siapa yang Diusung Partai Gerindra?

×

Pilgub Sumbar, Siapa yang Diusung Partai Gerindra?

Bagikan berita
Pilgub Sumbar, Siapa yang Diusung Partai Gerindra?
Pilgub Sumbar, Siapa yang Diusung Partai Gerindra?

Putusan DPP Partai NasDem tepat. Paslon yang diusung menang. Pertanda putusan yang diambil DPP lebih komprehensif, lebih objektif dan disigi pula di segala lini. Saat Edy Rahmayadi mendaftar sebagai cagub di Partai NasDem, juga muncul anggapan, langkah Edy sia-sia dan perhitungan politiknya kurang matang. Sebab NasDem sudah memiliki kader yang akan diusung. Ketua partai sekaligus incumbent.Kita yakin, tak hanya DPP Partai NasDem dan DPP PDI-P, parpol lain termasuk DPP Partai Gerindra dalam menentukan pilihan akhir, pasti juga melihatnya lebih komprehensif, lebih objektif dan disigi betul di semua lini. Yang terbaik dari yang baik itulah yang ditetapkan.

Masih segar dalam ingatan kita, saat penentuan akhir, Ketua DPRD baik provinsi maupun DPRD kabupaten/kota se-Sumbar yang mayoritas adalah kader Partai Gerindra. Di DPRD Sumbar diperkirakan yang menjadi ketua adalah Desrio Putra. Secara struktural, dia adalah Sekretaris DPW Partai Gerindra Sumbar. Juga aktivis dan kerap membela rakyat kecil lewat organisasi kemasyarakatannya. Berpengalaman dalam berorganisasi.Tapi itu saja tak cukup. DPP Partai Gerindra lebih melihat secara komprehensif, lebih objektif dan semua sisi positif dan negatif dari kandidat yang diusulkan, disigi. Akhirnya ditetapkan Supardi sebagai Ketua DPRD Sumbar.

Juga di DPRD Padang Pariaman. Ketua DPC Partai Gerindra setempat, Happy Neldy tidak ditunjuk DPP sebagai Ketua DPRD. Padahal, soal jam terbang, sudah tinggi. Sudah periode keempat, Happy duduk di DPRD setempat, meski dua periode sebelumnya dengan parpol beda.Tapi lagi-lagi, DPP melihatnya lebih komprehensif dan juga disigi plus minus kandidat yang diajukan hingga DPP menetapkan nama Arwinsyah.

Tetangganya, di DPRD Pariaman juga demikian. Harpen Agus Bulyandi, yang ditunjuk menjadi Ketua DPRD sementara, akhirnya urung jadi Ketua DPRD definitif. DPP lebih memilih kader Gerindra lain, Fitri Nora. Padahal Harpen Agus Bulyandi yang akrab disapa Andi Cover ini, adalah pengusaha sukses di Pariaman. Berdaging tebal dia. Modal baginya untuk bisa menggapai kursi Ketua DPRD defintif. Tapi lagi-lagi DPP lebih melihat secara komprehensif dan plus minus kandidat yang diusulkan, disigi utuh.Ya, politik sukar ditebak. Dalam berpolitik, tidak ada yang tak mungkin. Wajar jika pengamat politik dan komunikasi dari Unand, Najmuddin M. Rasul seperti dikutip dari klikpositif.com, menilai Mulyadi berpotensi menggeser Nasrul Abit dari bakal calon gubernur dari Gerindra pada Pilgub Sumbar 2020.

Alasannya, pertama, keputusan pencalonan ada pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ditambah lagi Gerindra merupakan partai keputusan tertinggi ada pada Ketua Umum Prabowo Subianto."Bisa saja terjadi, bahkan bisa terjadi Nasrul Abit mendampingi Mulyadi, sebab dalam politik apapun bisa terjadi. Apalagi kalau kita lihat keputusan di Gerindra sangat top down," jelasnya.

Alasan lain, lanjutnya, sebagai anggota DPR, Mulyadi tentu punya akses yang bagus ditingkat elit (pusat). Kemudian dari segi kapasitas diri Mulyadi juga cukup baik. Nah, siapa yang bakal diusung Partai Gerindra Sumbar sebagai cagub? Edriana, Nasrul Abit atau Mulyadi? Tanyakan pada rumput yang bergoyang. (*)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini