Asman Abnur Mundur, Bukti Kesatria Urang Awak

×

Asman Abnur Mundur, Bukti Kesatria Urang Awak

Bagikan berita
Foto Asman Abnur Mundur, Bukti Kesatria Urang Awak
Foto Asman Abnur Mundur, Bukti Kesatria Urang Awak

Sjahrir mengalami kesulitan berhubungan dengan pihak Belanda, sehingga banyak yang menarik dukungan terhadapnya, termasuk partainya sendiri, yaitu Partai Sosialis. Akibat banyaknya penentangan kebijakan Sjahrir,  maka ia kemudian mengundurkan diri pada 27 Juni 1947.Urang awak yang juga memilih mundur dari jabatan pejabat negara adalah Jeffrie Geovanie (JG). Dia mundur dari jabatan sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar pada Maret 2012. Mundur karena sikap politiknya yang pindah dari Partai Golkar ke Partai NasDem.

JG sadar, dia lolos ke Senayan melalui kendaraan Golkar. Setelah ia keluar dari Golkar, etika politiknya, tentu harus mundur dari anggota Golkar di DPR. Sikap kesatria yang diperlihatkan urang awak asal Limapuluh Kota ini.JG lolos ke Senayan melalui Partai Golkar dari Dapil Sumbar 1 hasil Pileg 2009. Sikap politiknya yang pindah partai, dia rela meninggalkan jabatan empuk kursi DPR RI.

Padahal ketika itu dan lazim terjadi, anggota DPR yang sudah ditetapkan sebagai tersangka saja, belum mau dilengserkan atau diganti dari jabatan sebagai anggota DPR. Tetap bertahan dan terus mencari celah bagaimana dia tetap bertahan.Sikap kesastria yang diperlihatkan Asman Abnur, Jeffrie Geovannie dan jauh sebelumnya tokoh pendiri bangsa ini, Bung Hatta dan Sutan Syahrir sesungguhnya adalah sikap mulia. Sikap yang sebenarnya melambangkan jati diri urang Minang.

Rela melepas jabatan empuk, terpandang dan disegani karena pilihan politik. Sebab ini menyangkut harga diri. Mereka tak tergoda jabatan empuk, dengan mengorbankan harga diri dan sikap politik, di tengah kini merebaknya, gampang mengubah sikap politik lantaran diiming-imingi jabatan empuk dan lainnya.Lantas masihkah di era milenial sekarang, generasi muda urang awak yang bertipikal seperti Asman Abnur, Jeffrie Geovanie dan tokoh bangsa sekaliber Bung Hatta dan Sutan Syahrir? Entahlah. (***)  

 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini