Transmisi Corona Terhadap Ekonomi

×

Transmisi Corona Terhadap Ekonomi

Bagikan berita
Foto Transmisi Corona Terhadap Ekonomi
Foto Transmisi Corona Terhadap Ekonomi

Transmisi kedua adalah dari sisi APBN. Faktor internal Indonesia akan mempengaruhi jumlah ketersediaan dari cadangan devisa, dan penerimaan pajak. Oleh karenanya, refisi APBN akan berdampak kepada penyesuaian aggaran mengingat anggaran negara akan turun sejalan dengan turunnya laju pertumbuhan ekonomi.Dampak terbesar tentunya dengan semakin beratnya beban APBN, persoalan baru yang akan segera muncul adalah semakin besarnya angka pengangguran. Dalam suatu perhitungan dengan asumsi tanpa Corona saja, Indonesia hanya bisa mampu menurunkan jumlah kemiskinan sebanyak 180 Ribu penduduk miskin (head count index), setiap 1 persen laju pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya akan terasa berat, jika transmisi ini tidak dilakukan penyesuaian dan bekerja dengan skala prioritas tinggi.

Mungkin yang bisa lebih membuat kita tetap terjaga adalah memeratakan target pelaksanaan APBN. Sehingga dampak anggaran masih bisa dirasakan sebagai stimulus.Jika saja BI dapat menurunkan suku bunga acuan dari 5% menjadi 4.75 persen, maka ketika ada kesulitan biaya transaksi peminjaman uang relative akan turun, apalagi segala kesulitan terhadap selama ini transaction cost akibat pelayanan publik lamban.

Seharusnya program penyesuaian akibat transmisi virus Corona ini dilakukan dengan sungguh sungguh dan terencana secara baik. (Penulis Profesor Ekonomi SDM dan Direktur SDGs Unand) 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini