RESENSI BUKU: Apakah Psikolog itu Paranormal?

×

RESENSI BUKU: Apakah Psikolog itu Paranormal?

Bagikan berita
Foto RESENSI BUKU: Apakah Psikolog itu Paranormal?
Foto RESENSI BUKU: Apakah Psikolog itu Paranormal?

Dengan menerapkan konsep “Menerima dan Memahami”, anak akan lebih terbuka sehingga bisa dicarikan solusi terhadap suatu permasalahan.Manusia adalah inidivu yang unik, sebagai psikolog dituntut untuk mampu mengetahui banyak hal yang mempengaruhi kepribadian seseorang ini, baik hanya sebatas level kognitif maupun terlihat melalui perbuatan.

Kebanyakan orang-orang yang kemudian memutuskan untuk terjun ke bidang psikologi adalah mereka yang memiliki orientasi masa depan dan masa lalu.Penjelasan tersebut dijelaskan pada halaman 39, orientasi masa depan adalah mereka yang berfikir dan membulatkan tekad jika kelak dimasa depan menemukan orang-orang yang membutuhkan jasa psikolog, maka mereka bisa membantu dengan mengunakan ilmu yang telah dipelajari sebelumnya.

Sebaliknya, orientasi pada masa lalu merupakan orang-orang dengan kondisi dan terlibat dalam suatu kondisi dimanas kondisi tersebut tidak menguntungkan dan harus bertahan dalam stuasi yang terjadi. Berangkat dari hal diatas orang yang orientasi pada masa lalu adalah mereka yang ingin kejadian yang sama terulang kembali dimasa depan, sehingga memutuskan untuk mempelajari leih dalam hal-hal yang terkait dan menjadi pokok permasalahan.Sebagai manusia, ternyata lebih menbutuhkan pendengar yang baik dari pada penasehat, namun kadang kala itu semua luput dari jangkauan, setiap orang ingin didengarkan tanpa mau menjadi pendengar.

Diawal bab telah dijelaskan bahwa psikolog berbeda dengan Psikiater. Apalagi jiga dibandingkan dengan paranormal atau bahkan dukun. Yang sering dianggap oleh masyakat awan psikolog bisa meramal dan membaca garis tangan sesorang.Psikolog adalah sesorang yang menempuh jenjang perkuliahan S1 Psikolog dan mengambil Profesi S2 Psikolog. Sebutan untuk orang yang memakai jasa psikolog biasa dipanggil dengan klien. Juga dalam melayani klien tidak diberikan obat dalam bentuk melainkan diberikan berupa jasa konseling, pelatihan, dan metode lainnya.

Sedangkan Psikiater adalah sesorang yang menempuh perkuliahan S1 Kedokteran dan mengambil profesi S2 Bidang Kejiawaan, orang yang datang ke pskiater disebut dengan pasien, dan pasien dalam masa pengobatnnya diberikan obat oleh psikiater (Halaman 17).Terakhir beberapa pesan yang ingin disampaikan penulis adalah, apa yang harus dilakukan mulai dan lakukanlah, jikalau menghadapi hambatan teruslah berjalan karena ketika memilih untuk berhenti maka itulah akhir dari segalanya

Buku ini, ditulis dalam bahasa yang ringan, tidak memerlukan pelaran yang khusus dalam memahaminya setiap kalimat yang ingin disampaikan, sedikit banyak buku ini memberikan gambaran tentang apa saja yang terkait dengan psikolog, karier apa saja yang bisa dibangun jika mengambil jurasan tersebut dan apa benefit yang bisa diperoleh.Namun yang namanya manusia pasti tidak luput dari yang namanya salah, beberapa tulisan atau kutipan dalam buku ini yang memuat tulisan asing belum ditulis sesuai aturan bahwa tulisan asing ditulis dengan huruf miring.

Namun secara keseluruhan buku ini bermanfaat dan memberikan informasi terkait Psikolog. (*) 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini