Menikmati Kereta Cepat Mekkah - Madinah

×

Menikmati Kereta Cepat Mekkah - Madinah

Bagikan berita
Foto Menikmati Kereta Cepat Mekkah - Madinah
Foto Menikmati Kereta Cepat Mekkah - Madinah

Jamal juga yang menghandel perjalanan umrah kami di Tanah Suci. Dia berkolaborasi dengan TFA Manasek. Yang disebut terakhir ini juga perusahaan Indonesia yang khusus menangani kebutuhan handling jamaah di Saudi. Pemilik perusahaan itu adalah Nordin yang berpengalaman puluhan tahun menangani bidang itu.Berbeda dengan sebelumnya, perjalanan Umrah kali ini kami mau coba, “jalan sendiri”. Tidak melalui travel atau biro perjalanan umrah. Beli tiket pesawat sendiri, juga booking hotel di Mekkah dan Madinah secara online via Agoda.com.

Berkat bantuan Direktur Niaga Garuda, Pikri Ilham Kurniansyah, saya beli tiket jauh hari dengan harga lebih murah dibandingkan lewat agen yang menjual tiket khusus ke Saudi. Ketika kami mempercepat dua hari kepulangan ke Tanah Air dari jadwal, Pak Pikri juga turun tangan membantu. Maklum di Saudi tidak mudah mengubah jadwal kepulangan biarpun naik pesawat Garuda.Dengan coba “jalan sendiri” memang terdapat selisih besar dalam hal biaya dibandingkan menggunakan jasa travel. Tapi saya ragu sendiri dengan perhitungan itu. Sebab, ada bantusn banyak teman.Mengurus visa saja dibantu atau menggunakan jasa travel Anta Umrah. Biro perjalanan yang dulu menghandel keberangkatan rombongan kami bersama anak - cucu tahun 2016 dan 2017. Boss Anta Umrah, Iwan Giwangkara terjun langsung mengurus visa kami tanpa fee.

Begitu juga dengan Boss Al Bilad, Jamaluddin Mahmud. Dia menghandel penjemputan kami di bandara secara khusus ketika tiba di Jeddah Kamis(28/3) petang. Bak pejabat, kami tidak mengikuti rute penumpang lain, tetapi dijemput dengan mobil BMW serie 7 lewat tangga khusus di bawah pesawat —saat tiba di bandara King Abdul Azis, Jeddah. Ruangan kami menunggu koper pun, sifatnya khusus. Luas, mewah, dan lengang. Dilengkapi dengan ruang makan. Tim penjemput menginformasikan, itu fasilitas penjemputan standar tamu Raja. Masya Allah. Jamal bikin saya terharu.Tak cukup itu. Jamal juga melengkapi kami dengan petugas yang melekat selama kami ibadah di Mekkah dan Madinah, serta tur ke berbagai tempat, dengan kendaraan jeep DMC yang terkenal di Saudi. Sayang, Jamal tidak pernah bersedia manyebut berapa nilai Real Saudi sebenarnya untuk semua fasilitas itu.

60 juta penumpang pertahunProyeksi HSRR dapat mengangkut 60 juta penumpang setiap tahun. Memiliki total 35 gerbong dengan seat masing - masing 417 orang. Stasiun HSRR di Mekkah sendiri yang berjarak 4 kilometer dari Masjidil Haram mampu menampung 20.000 penumpang per jam. Moda transporasi baru diyakini pemerintah Saudi dapat melonggarkan lalu lintas bagi para jamaah haji maupun beribadah di Tanah Suci. Semoga. (*)

 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini