Lebih Tenang dengan Adanya Jaminan Pensiun

×

Lebih Tenang dengan Adanya Jaminan Pensiun

Bagikan berita
Foto Lebih Tenang dengan Adanya Jaminan Pensiun
Foto Lebih Tenang dengan Adanya Jaminan Pensiun

Dengan adanya Jaminan Pensiun, pekerja bisa lebih hidup layak di masa tua, juga bisa memberi manfaat bagi ahli waris jika pekerja tersebut mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Tak hanya itu, Jaminan Pensiun bisa diikuti pula oleh pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah seperti pedagang, sopir angkutan kota, nelayan, petani dan lainnya. Calon peserta bisa memilih dana investasi sesuai kemampuan masing-masing. Jika jumlah iuran besar, tentu total manfaat yang kelak didapat juga bisa lebih banyak.

Kondisi Indonesia yang saat ini mengalami bonus demografi di mana jumlah usia produktif jauh lebih besar dibanding usia non produktif dinilai sangat ideal dimanfaatkan untuk penyelenggaraan Jaminan Pensiun. Menurut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, dengan adanya bonus demografi, risiko defisit pendanaan belum timbul mengingat Jaminan Pensiun baru dimulai dan baru 15 tahun yang akan datang pembayaran manfaat pensiun normal mulai dilakukan.

Namun menurutnya, Indonesia perlu mengantisipasi Aging Population pada sekitar tahun 2050 seperti yang dialami Jepang saat ini. Banyak negara-negara yang telah menelan pil pahit akibat keliru dalam perencanaan program Jaminan Pensiun seperti Yunani.

“Untuk itu, kami belajar dari Jepang yang sedang menghadapi tantangan Aging Population. Kami sangat mengharapkan support dari Pemerintah Jepang khususnya MHLW dan JICA agar Indonesia dapat menjalankan program Jaminan Pensiun yang berkelanjutan,” ujar Agus dalam keterangan resminya, Kamis (29/12/2016).

Hingga Desember 2016, program Jaminan Pensiun telah diikuti oleh 8,9 juta peserta di seluruh Indonesia dengan penerima manfaat mencapai 15.000 kasus dan nilai Rp15,8 miliar. Penerima manfaat tersebut adalah pekerja yang meninggal atau cacat total tetap dengan masa iuran tidak mencapai 15 tahun.

Siapapun kita tentu punya impian dan harapan sekaligus butuh jaminan finansial dalam menjalani hari-hari di masa tua. Perlindungan menyeluruh oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja di semua sektor diharapkan bisa memberi rasa aman dan tenang bagi pekerja dalam menjalankan hari-hari produktifnya. Terutama jaminan pensiun, menjadi momen baru dalam jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama pekerja. (*)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini