Jalan  Sangkua ‘Menebus’ Dosa

×

Jalan  Sangkua ‘Menebus’ Dosa

Bagikan berita
Foto Jalan  Sangkua ‘Menebus’ Dosa
Foto Jalan  Sangkua ‘Menebus’ Dosa

Usai  dipancing ikan dijala untuk  dibagi-bagikan kepada penduduk. Saat itulah mereka bersukacita.  Kemudian larangan diberlakukan lagi. Tidak boleh ditangkap atau dipancing  untuk masa tertentu.Bagaimana jika ada yang melanggar larangan? Pelaku didenda.  Hingga sekarang belum ada penduduk yang melanggar larangan. Tabu bagi mereka melanggar aturan yang mereka buat sendiri. Hasil ikan niat digunakan untuk keperluan Mushalla  Nur Shalihin,  satu-satunya tempat ibadah sederhana di Sangkua  atau untuk biaya merehab jalan setapak.

Selama kegiatan memancing Sangkua  banyak dikunjungi orang dari luar. Selama sepekan  Sangkua terasa ‘hidup”. Roda ekonomi berputar.Meski  tersuruk Sangkua sudah lama juga  dialiri listrik PLN. Jasa H. Djusril Djusan (alm) sewaktu menjadi anggota DPR-RI tidak akan pernah dilupakan penduduk. Berkat bantuan usaha putera terbaik Nagari Singgalang itulah penduduk terpencil itu menikmati lampu pijar.

Khalik Sidi Basa, 56, kepala Dusun Sangkua  mengatakan, meski hidup miskin masyarakatnya  gigih berusaha. “Demi menghidupi keluarga dan  menyekolahkan anak, apapun pekerjaan kami lakukan,” katanya.Kemiskinan  yang mendera  Sangkua juga disebabkan tingkat pendidikan. Hingga dekade tahun 2000-an  dapat dihitung  jari tangan saja orangtua yang menyekolahkan anak mereka.  Kini telah jauh berubah.  (syamsoedarman)

  

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini