73 Tahun Mengudara, Radio BBC News Indonesia Undur Diri

Foto Harian Singgalang
×

73 Tahun Mengudara, Radio BBC News Indonesia Undur Diri

Bagikan opini

JAKARTA - Setelah 73 tahun mengudara — baik dari London dan Jakarta — BBC News Indonesia telah undur diri dari gelombang radio mulai Jumat, 30 Desember 2022.Selain alasan penghematan, penutupan siaran radio ini adalah bagian transisi dari siaran analog menuju digital secara penuh.

Namun, artikel-artikel dan berbagai video menarik, tetap dapat disimak pada layar ponsel dan komputer di situs BBC Indonesia.com dan sejumlah platform media sosial.Bagaimanapun, sejak mengudara pertama kali pada 30 Oktober 1949, lima tahun setelah Indonesia merdeka, BBC News Indonesia — dulu bernama BBC Siaran Indonesia — terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

"Teng, teng, teng..." Dentang jam raksasa Big Ben di pusat Kota London, Inggris, yang dihubungkan secara langsung ke markas BBC World Service, Bush House (sampai tahun 2011) pernah menemani para pendengar BBC Siaran Indonesia cukup lama.Lalu, sekian detik kemudian, suara sang penyiar terdengar empuk di telinga: "Inilah BBC Siaran Indonesia yang dipancarkan langsung dari London."

"Tet, tetet, tetet..." Latar musik Trumpet Concerto (3rd Movement) yang digubah komposer legendaris, Franz Joseph Haydn, kemudian menggenapkannya.Sejak mengudara pertama kali, Minggu, 30 Oktober 1949, suara-suara ini menjadi penanda khas BBC Siaran Indonesia — kelak musik pembuka ini berganti beberapa kali, seiring zaman yang terus berubah.

Namun, sejak Jumat, 30 Desember 2022, setelah siaran pukul 05:00 dan 06:00 pagi di hari itu, musik pembuka itu tidak akan lagi hadir ke ruangan pendengar.Itu adalah hari terakhir siaran kami setelah 73 tahun mengudara — menyedihkan, tentu saja, bagi kami. Pertanyaannya kemudian, mengapa siaran radio BBC Indonesia ditutup?

"Langkah penghentian siaran ditempuh BBC World Service sebagai upaya penghematan sekitar £28,5 juta atau sekitar Rp537 miliar," kata editor BBC News Indonesia, Jerome Wirawan, Jumat (30/12).Konsekuensinya, penghentian siaran radio dilakukan di sejumlah layanan bahasa, termasuk BBC Arab, BBC Persia, dan BBC China.

"Jadi, bukan hanya BBC News Indonesia yang menghentikan siaran radio," papar Jerome kepada saya, dalam siaran terakhir, Jumat (30/12).BBC News Indonesia merupakan bagian dari BBC World Service di London.

Di dalamnya terdapat 42 layanan bahasa, sebut saja BBC Arab, BBC China, BBC Urdu, BBC Hindi, hingga BBC Thailand."Setelah tidak lagi mengudara di gelombang radio, BBC News Indonesia akan sepenuhnya fokus ke digital," kata Jerome.

Pilihan ini diambil karena pengguna internet di Indonesia sekitar 210 juta orang, menurut survei terbaru."Karena itu, kami berupaya agar semakin banyak khalayak bisa membaca artikel dan menyaksikan video-video kami dalam format digital pada layar ponsel dan komputer," tambahnya.

Jerome Wirawan mengawali siaran pertama BBC News Indonesia di studio kantor Jakarta, 22 Oktober 2018.Jerome menyebut hal itu tidak akan mengubah apa yang disebutnya sebagai kaidah jurnalistik BBC yang mengedepankan pemberitaan "akurat, imparsial, dan terpercaya".

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini