6 Makanan Terbaik untuk Ginjal, Jangan Makan Alpukat!

×

6 Makanan Terbaik untuk Ginjal, Jangan Makan Alpukat!

Bagikan berita
Foto 6 Makanan Terbaik untuk Ginjal, Jangan Makan Alpukat!
Foto 6 Makanan Terbaik untuk Ginjal, Jangan Makan Alpukat!

JAKARTA - Alpukat, meskipun kaya akan nutrisi seperti lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dapat menjadi risiko bagi penderita penyakit ginjal atau mereka yang memiliki masalah terkait ginjal. Ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalium di dalamnya.Menurut ahli diet Komal Malik, "Ginjal yang sehat mengatur kadar kalium dalam tubuh. Namun, jika fungsi ginjal terganggu, kalium dapat menumpuk dalam darah, menyebabkan kondisi yang disebut hiperkalemia."

National Kidney Foundation melaporkan bahwa hiperkalemia terjadi pada 40-50 persen penderita penyakit ginjal kronis. Kelebihan kalium dalam darah diketahui dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang signifikan.Selain alpukat, ada lima makanan lain yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang berisiko terkena penyakit ginjal:

Pisang: Kandungan kalium tinggi dalam pisang dapat meningkatkan kadar kalium dalam darah, yang dapat memperburuk gejala penyakit ginjal.Jeruk: Jeruk juga memiliki kandungan kalium tinggi, oleh karena itu baiknya dibatasi atau dihindari oleh penderita masalah ginjal.

Daging Olahan: Daging olahan seperti bacon, sosis, dan daging deli mengandung natrium dan fosfor, yang dapat memberatkan fungsi ginjal.Sup Kalengan dan Makanan Kemasan: Makanan ini seringkali tinggi natrium, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan retensi cairan, yang memberikan beban tambahan pada ginjal.

Produk Susu: Susu, keju, dan yoghurt mengandung fosfor dan kalium, yang sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang moderat oleh penderita masalah ginjal atau memilih alternatif yang rendah kandungan fosfor dan kalium.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini