5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari ketika Puasa

×

5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari ketika Puasa

Bagikan berita
Foto 5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari ketika Puasa
Foto 5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di Siang Hari ketika Puasa

JAKARTA - Mengatasi rasa ngantuk di siang hari selama bulan puasa dapat menjadi tantangan, terutama ketika tubuh mengalami perubahan pola makan dan aktivitas selama Ramadan yang mempengaruhi kegiatan sehari-hari.Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Caleb Leonardo Halim, Sp.K.O, membagikan cara efektif mengatasi ngantuk saat puasa. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan mendapatkan tidur yang cukup pada malam sebelumnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko ngantuk selama berpuasa. Usahakan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar merasa lebih segar saat sahur."Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa, salah satu tantangan yang dihadapi adalah ngantuk. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan," kata dr. Caleb dalam akun Instagram pribadinya, @doc.calebspko,  Jumat (15/3/2024).

"Yang pertama adalah memastikan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam pada malam hari. Tidak ada yang dapat menggantikan tidur yang cukup. Tidur yang cukup ini sangat penting," tambahnya.Selanjutnya, pastikan tidak melewatkan sahur agar tidak merasa lemas dan ngantuk. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama sahur dan berbuka puasa.

Hindari makanan tinggi lemak dan berat yang dapat membuat Anda lebih ngantuk setelahnya. "Yang kedua adalah pastikan makanan saat sahur mencukupi. Karbohidrat kompleks sangat penting," jelasnya."Misalnya jagung, kentang, oat. Pastikan juga ada cukup protein selain karbohidrat sederhana," lanjutnya.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini