Pemkab Pasaman Perbaiki Fasum yang Rusak Pasca Banjir di Lubuk Sikaping

×

Pemkab Pasaman Perbaiki Fasum yang Rusak Pasca Banjir di Lubuk Sikaping

Bagikan berita
Foto Pemkab Pasaman Perbaiki Fasum yang Rusak Pasca Banjir di Lubuk Sikaping
Foto Pemkab Pasaman Perbaiki Fasum yang Rusak Pasca Banjir di Lubuk Sikaping

Pasaman, Singgalang – Empat hari pasca bencana melanda Kecamatan Lubuk Sikaping, Pemerintah Kabupaten Pasaman mulai melakukan perbaikan pada fasilitas umum yang rusak. Mulai dari sumber air dan jalur pendistribusian air bersih milik PDAM Pasaman yang rusak, irigasi, jalan hingga fasilitas umum lainnya. Dibantu Kodim 0305 dan Polres Pasaman, beberapa fasilitas umum yang rusak atau terseumbat akibat lumpur dan material banjir mulai diperbaiki sebisanya.Tidak itu saja, bantuan demi bantuan pun langsung direalisasikan Bupati Pasaman, Sabar AS di Nagari Durian Tinggi dan Nagari Tanjung Beringin. Diharapkan, bantuan dapat membantu masyarakat terdampak banjir untuk mengasapi dapur mereka di tengah pasca bencana yang melanda.

“Kita menyadari, bencana yang melanda Lubuk Sikaping sangat parah. Terjadi di beberapa titik pula. Yakinlah pemerintah tidak akan membiarkan masyarakatnya susah di tengah bencana ini. Kami pastikan, semua aspirasi dan kebutuhan masyarakat akan terkoodinir apakah itu dalam skala prioritas di waktu cepat dan jangka panjang nantinya,” kata Sabar.Pantauan lapangan, di hari ketiga ini, terlihat beberapa alat berat masih tengah berkecimpung membersihkan sisa material lumpur dan sisa kayu di jembatan Batang Panapa dan sepanjang jalan utama kota Lubuk Sikaping, antara pasar lama dan SPBU Pasar kaciak, Nagari Durian Tinggi. Termasuk di perumahan Rimbo Aro, Nagari Tanjung Beringin.

"Kita maksimalkan fungsi yang ada, termasuk dukungan penuh dari Pak Damdim dan Pak Kapolres bersama anggota, dalam penanganan pasca banjir Lubuk Sikaping ini," ujar bupati.Dijelaskan juga, pekerjaan akan berlanjut pada normalisasi jalur sungai Batang Pigariang yang mengancam pemukiman masyarakat di komplek Rimbo Aro, serta untuk pemulihan sumber air PDAM di hulu Batang Pigariang.

Sementara itu, Ketua Baznas Pasaman Asnil M. menyebut bahwa Baznas sejak awal telah membantu masyarakat terdampak banjir dengan membagikan sedikitnya 200 nasi bungkus dan saat ini pihaknya juga telah memohon adanya bantuan dari Baznas Provinsi Sumatera Barat.Demikian juga Dinas Sosial Pasaman pun telah menyalurkan bantuan awal berupa beras, minyak goreng dan telur serta logistik dari Kemensos RI melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Padang, termasuk mendirikan dapur umum di 2 titik lokasi. (202)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini