Ramadhan Koalisi Taat

Foto Duski Samad
×

Ramadhan Koalisi Taat

Bagikan opini

Dalam mencapai tujuan bersama Alquran membimbing ada 4 jenis orang atau kelompok uang dapat diajak bekerjasama untuk membentuk koalisi untuk kebaikan yang lebih luas dan kebaikan bersama.Al Ambiya'al (beridiologi profetik)

Anggota koalisi adalah mereka yang ideologi, visi, misi. orientasi dan platform pastinya jelas berdasarkan profetik (kewahyuan). Kelompok sekuler, mereka yang abaikan ajaran, hukum dan etika ilahiyah dan sejenisnya adalah musuh yang merusak dari dalam.يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا بِطَا نَةً مِّنْ دُوْنِكُمْ لَا يَأْلُوْنَكُمْ خَبَا لًا ۗ وَدُّوْا مَا عَنِتُّمْ ۚ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَآءُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْ ۖ وَمَا تُخْفِيْ صُدُوْرُهُمْ اَكْبَرُ ۗ قَدْ بَيَّنَّا لَـكُمُ الْاٰ يٰتِ اِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan orang-orang yang di luar kalanganmu (seagama) sebagai teman kepercayaanmu, (karena) mereka tidak henti-hentinya menyusahkan kamu. Mereka mengharapkan kehancuranmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang tersembunyi di hati mereka lebih jahat. Sungguh, telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu mengerti."(QS. Ali 'Imran 3: 118).Maknanya bekerjasama lah dengan orang yang dipastikan iman, ilmu, amal dan akhlak menjunjung perintah Allah dan Rasul. JIka Allah saja dicurangi dan dibohonginya, apa beratnya baginya membohongi dan menipu anda.

Al Shiddiqin (berkarakter jujur).Shiddin artinya anggota koalisi dipastikan karakter jujurnya tidak diragukan. sebab hanya kejujuran yang mengantarkan kesuksesan. curang dan bohong adalah pintu awal dari neraka (hadis). Ayat menegaskan wujud taqwa diantaranya adalah jujur.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar,"(QS. Al-Ahzab 33: 70)

As- Syuhada (bermental pejuang)Mental pejuang tidak pernah berhenti mewujudkan yang terbaik untuk semua. Pejuang keberhasilannya bukan material untuk individu, kecuali umat dan bangsa. Pejuang sering dikalahkan pecundang. Pejuang itu namanya abadi, bal ahyaun, pecundang itu kelak kedoknya akan terbuka, itulah kaum munafiqun.

ۗ تَحْسَبُهُمْ جَمِيْعًا وَّقُلُوْبُهُمْ شَتّٰى ۗ ذٰلِكَ بِاَ نَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْقِلُوْنَPermusuhan antara sesama mereka sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu padahal hati mereka terpecah belah. Yang demikian itu karena mereka orang-orang yang tidak mengerti."

(QS. Al-Hasyr 59: Ayat 14)Al Sholihin

Orang saleh di antara budaya hidupnya adalah thayyibah.مَنْ عَمِلَ صَا لِحًـا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَـنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةً ۚ وَلَـنَجْزِيَـنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَ حْسَنِ مَا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

"Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."(QS. An-Nahl 16: 97)Program dan kinerja salih itu menghadirkan kehidupan yang sifatnya dan hasilnya menyejahterakan dan juga membawa keuntungan dalam jangka panjang.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini