Masjid Raya Sumbar akan Dinamai Syekh Ahmad Khatib 

Foto Harian Singgalang
×

Masjid Raya Sumbar akan Dinamai Syekh Ahmad Khatib 

Bagikan opini

Sementara Yasser Bahjat, keturunan ke-6 Syekh Ahmad Khatib itu datang ke Jakarta untuk menghadiri pameran buku internasional. “Saya senang jumpa dengan Anda,” kata Yasser kepada penulis buku kakeknya.Dilansir dari Instagram bukupepublika, “Khairul Jasmi, penulis SAKA bertemu cucu Syekh Ahmad Khatib al Minangkabawi, Syekh Yasser Bahjat. Insya Allah buku SAKA akan diterjemahkan dan diterbitkan di Arab Saudi.”

Yasser adalah seorang produser film, drama, penulis cerita film, penulis novel dan punya penerbitan bernama Yatakhayaloon di Saudi. Anda bisa melihat beberapa tayangan youtubenya, misal di channel HWJN teater Oase, atau di image nation abu dhabi, theKhayal.com yang secara online memperkenalkan berbagai buku Arab untuk dunia.Selama ini sudah ada beberapa buku tentang ulama besar tersebut, termasuk autobiografinya. Namun, kajiannya lebih banyak tentang kitab-kitabnya dan kedalaman ilmunya. Memang disinggung bagaimana ia menjalani hidup di Mekkah, tapi dibahas sedikit saja. Sedangkan buku novel biografi yang saya tulis, sebagaimana namanya dibahas lebih dalam, rinci dan luas, mulai sejak ia kanak-kanak sampai wafat di Mekkah.

Gubernur Mahyeldi optimis penamaan itu bisa segera direalisasikan. Saya juga, apalagi Buya Masoed Abidin yang pertama mengusulkan nama tersebut. (*) 

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini