Tikam Samurai II (22)

×

Tikam Samurai II (22)

Bagikan berita
Foto Tikam Samurai II (22)
Foto Tikam Samurai II (22)

Kelompok ini awalnya didirikan dengan nama Jama’at al-Tawhid wal- Jihad pada tahun 1999, lalu bergabungdengan al-Qaeda pada tahun 2004. Kelompok ini terlibat pemberontakan Irak, setelah pasukan koalisi Barat

menyerbu Irak tahun 2003.Bulan Januari 2006, kelompok tersebut bergabung dengan grup-grup pemberontak Sunni yang tergabung dalam Dewan Syura Mujahidin.

Mereka memproklamasikan pemben tukan Negara Islam Irak (NII) pada Oktober 2006.Setelah Perang Saudara Suriah pecah bulan Maret 2011, NII di bawah pimpinan al-Baghdadi mengutus para pejuang ke Suriah pada Agustus 2011. Para pejuang tersebut menyebut dirinya menguasai daerah-daerah yang mayoritas dihuni warga Sunni di kegubernuran Ar-Raqqah, Idlib, Deir ez-Zor, dan Aleppo.

Bulan April 2013, al-Baghdadi mengumumkan penyatuan NII dengan Front al-Nusra dengan nama barunya Negara Islam Irak dan Syam (NIIS). Namun Abu Mohammad al-Julani dan Ayman al- Zawahiri, masing-masing pemimpin al-Nusra dan al-Qaeda, menolak penyatuan tersebut.Setelah perebutan kekuasaan selamadelapan bulan, al-Qaeda memutus semuahubungan.... (bersambung)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini