Sungai Nili Meluap, 25 Rumah di Pulau Punjung Kebanjiran

×

Sungai Nili Meluap, 25 Rumah di Pulau Punjung Kebanjiran

Bagikan berita
Foto Sungai Nili Meluap, 25 Rumah di Pulau Punjung Kebanjiran
Foto Sungai Nili Meluap, 25 Rumah di Pulau Punjung Kebanjiran

PULAU PUNJUNG - Hujam deras sepanjang Jumat ( 19/3/2021) malam mengakibarkan arus air Sungai Nili, Kenagarian Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, meluap. Dilaporkan 25 Kepala Keluarga ( KK) di wilayah setempat menjadi korban banjir lantaran meluapnya Sungai Nili tersebut.Informasi yang dihimpun Topsatu.com menyebutkan, tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Namun, kondisi kehidupan sosial kemasyarakatan di lokasi banjir, terganggu.

Kepala BPBD Kabupaten Dharmasraya, Eldison, menyebutkan, Sabtu (20 /3/2021) menyebutkan, saat ini pihaknya bersama pihak terkait lainnya sudah berada dilokasi untuk menghitung nilai kerugian dan memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat."Bantuan sembako sudah mulai didistribusikan pagi ini, "terangnya.

Menurutnya, banjir juga terjadi di Jorong Cibarau, Kenagarian Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung. Saat ini petugas masih melakukan pendataan terkait jumlah total kerugian yang diderita masyarakat."Banjir tersebut mencapai selutut kaki orang dewasa dan tak hanya rumah milik masyarakat, beberapa akses jalan juga dilaporkan turut tertutup banjir, " pungkasnya.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam. Hal ini seiring dengan cuaca alam yang tidak menentu saat ini."Saat ini cuaca alam tidak bisa diprediksi secara pasti. Maka dari itu seluruh stakeholder, mari secara bersama melakukan pengamatan dan pemantauan sehubungan potensi bencana yang mungkin terjadi kapan saja lantaran buruknya cuaca," kata bupati saat dihubungi, Jumat (19/3/2021).

Lanjut bupati, yang tak kalah pentingnya adalah koordinasi antar instansi terkait sangat dibutuhkan apabila sewaktu-waktu ada masyarakat atau kawasan permukiman serta kawasan tempat keberadaan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan, terdampak bencana akibat cuaca yang tidak menentu.Langkah-langkah tanggap bencana sebagaimana dituangkan dalam petunjuk teknis dan prosedur pelaksanaan penanganan bencana, bisa dijalankan dengan baik demi menghindari besarnya kerugian bagi masyarakat atau fasilitas yang terdampak bencana.

"Pemerintah Daerah melalui dinas dan instansi terkait akan selalu berupaya memberikan layanan terbaik dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana di seluruh wilayah Kabupaten Dharmasraya, "pungkasnya. (roni)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini