Stasiun Kereta Api BIM Mulai Dikerjakan

×

Stasiun Kereta Api BIM Mulai Dikerjakan

Bagikan berita
Stasiun Kereta Api BIM Mulai Dikerjakan
Stasiun Kereta Api BIM Mulai Dikerjakan

PADANG - Stasiun Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai dikerjakan ditandai dengan "ground breaking" oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Ditjen Perkeretaapian, Ditjen Perhubungan Udara, PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Padang."Pembangunan ini dimulai setelah ada kesepakatan antara semua pihak yang terkait dengan lahan pembangunan stasiun," kata Kepala Balai Teknik Perkereta Apian wilayah Sumatera bagian Barat Jumardi, Kamis (13/8).

Menurutnya pembangunan itu sempat tertunda hingga dua tahun, karena sejumlah persoalan, terutama terkait lahan."Sekarang persoalannya sudah selesai dan diharapkan akhir tahun ini bisa digunakan," katanya.

Bersamaan dengan pengerjaan stasiun tersebut, jalur KA Duku menuju BIM sepanjang 3,9 kilometer juga segera diselesaikan."Jalur itu terdapat satu unit jembatan KA yang melintasi Sungai Batang Anai selebar 164 meter, dua unit stasiun, yaitu Stasiun Duku dan Stasiun BIM serta sistem persinyalan mekanik," katanya.

Konstruksi pembangunan jalur KA antara Duku - BIM telah dimulai pada 2012 dengan pembebasan lahan. Dari tahun tersebut, pembangunan telah menelan biaya sebesar Rp 127,5 miliar.Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api dari Kementerian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan menuturkan, target penyelesaian pembangunan proyek ini, selesai pada 31 Desember 2015. Sehingga, pada awal 2016 KA tersebut dapat dioperasikan dalam kondisi minimal operasi.(*/lek)

Sumber: antara 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini