Rekanan Proyek BBI Talamau Mulai Disidangkan di Pengadilan Tipikor

×

Rekanan Proyek BBI Talamau Mulai Disidangkan di Pengadilan Tipikor

Bagikan berita
Rekanan Proyek BBI Talamau Mulai Disidangkan di Pengadilan Tipikor
Rekanan Proyek BBI Talamau Mulai Disidangkan di Pengadilan Tipikor

[caption id="attachment_5489" align="alignnone" width="544"]Ilustrasi (net) Ilustrasi (net)[/caption]PADANG - Maiko Candra (34), rekanan pembangunan Balai Benih Ikan (BBI) di Talamau, Pasaman Barat mulai diadili di Pengadilan Tipikor Padang, Jumat (3/6). Ia didakwa terlibat korupsi proyek pembangunan senilai Rp1,98 miliar itu.

Dalam dakwaannya, jaksa penuntut umum Nazif Firdaus menyebutkan, Setelah ditandatangani berita acara serah terima pekerjaan pada 6 Agustus 2012 dan dalam berita acara tersebut dinyatakan pekerjaan sudah 100 persen.Padahal belum selesai 100 persen sementara maiko tetap mengajukan permintaan pembayaran 100 persen kepada Nellyarwisma sebagai PA dan Mirza sebagai PPTK dan hal itu disetujui.

Terhadap hasil pekerjaan pembangunan BBI di Talamau ungkap JPU, diperoleh beberapa fakta pekerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak dan hasil perhitungan tim lembaga pengembangan jasa konstruksi, seperti masih banyak tumpukan batu yang belum dibersihkan dalam radius satu meter persegi dari as bangunan.Kemudian saluran induk yang tidak dikerjakan sepanjang 23,4 meter, bangunan kolam yang tidak mempunyai tulangan kolam dan balok praktis, pekerjaan jalan tidak dipasang batu kali di kiri dan kanan dan lainnya.

Berdasarkan laporan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbar terjadi kerugian keuangan negara Rp914.285.486.Menurut jaksa. perbuatan terdakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(yuki)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini