Pemerintah Berencana Ubah Subsidi Jadi Bansos, Efektifkah?

×

Pemerintah Berencana Ubah Subsidi Jadi Bansos, Efektifkah?

Bagikan berita
Foto Pemerintah Berencana Ubah Subsidi Jadi Bansos, Efektifkah?
Foto Pemerintah Berencana Ubah Subsidi Jadi Bansos, Efektifkah?

JAKARTA - Belanja subsidi ke depan diarahkan menjadi bantuan sosial (bansos). Transformasi itu diyakini membuat realisasi anggaran lebih tepat sasaran.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengamini usulan anggota DPR bahwa subsidi seharusnya disatukan dengan bansos saja. Menurut dia, hal itu bisa saja dilakukan karena lebih efektif dan tepat sasaran.

"Pemerintah sependapat dengan pandangan perlunya transformasi subsidi menjadi bansos," kata Sri Mulyani, Kamis (18/6).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menilai, proses transformasi subsidi menjadi bansos perlu dilakukan secara hati-hati dan bertahap. Pasalnya, isu subsidi sangat sensitif dan rentan terjadi gejolak sosial di masyarakat.

Transformasi, kata Sri Mulyani, perlu dilakukan secara mulus. Pemerintah sebelumnya pernah mengubah subsidi beras menjadi bansos dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Salah satu program yang sudah terealisasi adalah diubahnya subsidi raskin menjadi bantuan pangan. Oleh karena itu, pemerintah berencana melanjutkan reformasi ini melalui transformasi subsidi lainnya menjadi bansos," tuturnya dikutip dari inews.id.

Saat ini, beberapa komoditas yang disubsidi APBN yaitu BBM, elpiji, listrik, pupuk, benih, suku bunga KUR, dan pelayanan publik. Subsidi dinilai tidak terlalu efektif karena semua orang berpeluang besar mengonsumsinya. (gv)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini