Panda, Kekayaan Nasional Tiongkok yang Paling Berharga

×

Panda, Kekayaan Nasional Tiongkok yang Paling Berharga

Bagikan berita
Foto Panda, Kekayaan Nasional Tiongkok yang Paling Berharga
Foto Panda, Kekayaan Nasional Tiongkok yang Paling Berharga

BEIJING - Panda raksasa adalah salah satu harta nasional Tiongkok dan dianggap sebagai simbol keberanian dan perdamaian.Panda Raksasa Tiongkok, yang lucu dengan bulunya hitam-putih, hewan berbulu menggemaskan ini adalah salah satu hewan paling berharga di dunia.

Hewan ini asli Tiongkok, dan dengan bangga disebut sebagai kekayaan nasional Tiongkok.Sebagai aset paling terkenal di Tiongkok, ia muncul dalam logo the World Wildlife Fund for Nature (WWF), terutama mendukung Olimpiade dan banyak pertandingan internasional lainnya yang diadakan di Tiongkok sebagai maskot, dan tampil sebagai aktor serba bisa di Tiongkok, seperti dalam film Kung Fu Panda.

Panda lucu dan menggemaskan dengan penutup mata yang keren dan gerak tubuh yang mengundang tawa.Ada banyak alasan mengapa orang menyukainya dan yang penting adalah karena mereka langka dan terancam punah.

Musim kawin Panda Raksasa hanya 2-4 hari pada bulan Maret hingga Mei. Jika terlewat, mereka akan menunggu hingga tahun depan.Seekor panda betina biasanya hanya akan menghasilkan satu bayi, dan tidak mudah bagi panda liar untuk mempunyai anak kembar. Dan meskipun bisa melahirkan bayi kembar, sang induk hanya bisa merawat satu bayi hingga mandiri.

Panda raksasa kini hanya hidup di beberapa pegunungan di Tiongkok barat tengah dan barat daya, terutama di Provinsi Sichuan, dan juga terdapat di provinsi Shaanxi dan Gansu.Ini diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Menurut laporan resmi berdasarkan sensus 1999-2000, terdapat total 1.590 panda raksasa yang hidup di alam liar di habitat aslinya. Jumlahnya secara pesimistis diperkirakan mencapai 1.000 beberapa tahun yang lalu.Untuk menghindari kepunahan, pemerintah Tiongkok terus berupaya untuk mengembangbiakkan harta paling berharga mereka itu, seperti dilakujan di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.

Pekan lalu, peserta program China Asia Pacific Press Center (CAPPC) tahun 2023 di Beijing, China yang digelar Pusat Komunikasi Pers Internasional China (CIPCC) berkesempatan menyaksikan secara langsung Panda raksasa di pusat pembiakan tersebut.Terletak sekitar 40 menit perjalanan di pinggiran kota, Pangkalan Penelitian Penangkaran Panda Raksasa di Chengdu adalah salah satu tempat paling populer di Tiongkok untuk melihat panda.

Sejak didirikan pada tahun 1987 dengan hanya enam ekor panda raksasa, pusat penangkaran ini telah menyaksikan peningkatan populasi panda menjadi ratusan ekor panda termasuk anaknya.Pusat penangkaran ini bertujuan untuk menciptakan kembali lingkungan alami panda dengan sungai, danau, halaman rumput hijau, hutan bambu liar, dan singkapan batu seluas 92 hektar yang tersebar di Gunung Futoushan untuk mendorong pembiakan dan pemeliharaan dengan program pelatihan yang dirancang untuk melepaskan kembali hewan-hewan yang ditangkap suatu hari nanti ke alam liar.

Di tengahnya terdapat Museum Panda Raksasa, satu-satunya museum dengan beragam pameran yang mencakup segala hal yang mungkin ingin Anda ketahui tentang makhluk-makhluk ini mulai dari karakteristik fisiknya hingga upaya konservasi yang dilakukan untuk menjamin kelangsungan hidup mereka."Menakjubkan bisa melihat langsung Panda raksasa yang merupakan salah satu harta berharga China disini," kata Mark, asal Filipina yang mengaku, ini adalah pertama kalinya menyaksikan secara langsung Panda. (benk)

 

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini