Kuntum Khaira Ummah, Siswi MTsS Luki Wakili Sumbar ke Jamnas di Cibubur

Foto Harian Singgalang
×

Kuntum Khaira Ummah, Siswi MTsS Luki Wakili Sumbar ke Jamnas di Cibubur

Bagikan opini

PADANG - Kuntum Khaira Ummah, tahun ini naik ke kelas 9 Madrasyah Tsanawiya Swasta (MTsS) Lubuk Kilangan. Kenaikannya kali ini dengan prestasi membanggakan yang diperolehnya, dengan rangking 3 di kelasnya."Alhamdulillah juara tiga,"sebut Kuntum, Kamis, (4/8/2022)/

Kuntum adalah anak kedua dari 6 bersaudara. Ayahnya sudah tidak bersama ibunya, Epi. Tinggal di Ngalau, Jalan Manunggal Karang Putih, Lubuk Kilangan.Tekadnya untuk meraih pretasi tak pernah padam. Sekolah sekitar 1 Km dari rumahnya ditempuh setiap hari sejak sekolah sudah mulai tatap muka.

Menjadi siswi di MTsS bagi Kuntum sebuah keberuntungan. Selain berhasil menunjukan prestasinya, Kuntum juga memperoleh keringanan biaya di sekolah.Kuntum adalah siswi dikenal memiliki kelebihan tersendiri. Anak kedua dari enam bersaudara itu, aktif dalam sejumlah kegiatan ekstra kurikuler. Terutama mengikuti kepramukaan.

Akitifitasnya itu dilanjutnya saat sudah belajar di MTsS Lubuk Kilangan. Meski terkendala pandemi covid-19, dia masih berupaya menjaga aktifitasnya dalam kegiatan pramuka."Saya aktif Kwarda juga, karena di sekolah saat pandemi tidak banyak kegiatan,"sebutnya.

Perjuangannya aktif di Kwarda akhirnya berbuah manis. Kuntum dinyatakan salah satu siswi yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur, Agustus 2022.Saat ini dirinya sedang mempersiapkan diri untuk Jambore Nasional. Aktifitasnya bersama Kwarcab Pramuka. "Sekarang tetap berlatih di Kwarcab,"katanya.

Kuntum mendapatkan dukungan penuh dari sekolah, MTsS Lubuk Kilangan. Apalagi di sekolah dia mendapatkan beasiswa. Sehingga saat belajar dirinya tidak begituterbebani oleh biaya sekolah.Di MTsS Lubuk Kilangan Kuntum bisa menikmati sekolahnya. Belajar dengan serius serta menggali kemampuannya yang lain. Karena selain aktif di Pramuka, Kuntum juga dikenal memiliki kemampuan hafal Alquran.

"Sekarang baru hafal 1 juz, mau dua juz,"katanya.Meski begitu, dia pernah merasakan juara 1 untuk kategori tilawah membaca Alquran yang diadakan Pemko Padang.

"Sudah pernah juara satu tilawah,"sambunya.Dengan kemampuannya itu, Kuntum berharap dapat meraih cita-citanya kelak. Tak berlebihan, Kuntum menyematkan dalam tekadnya untuk menjadi dokter. Kalaupun tidak dapat dokter, dia berhara menjadi pramugari.

MTsS Lubuk KilanganMTsS Lubuk Kilangan Kota Padang telah mengukir sejumlah prestasi. Selain gratis biaya sekolah, MTsS juga telah melahirkan sejumlah siswa/siswi berpretasi.

Tahun ini, sebanyak 59 siswa kelas IX MTsS Lubuk Kilangan Kota Padang yang menamatkan pendidikannya tahun ini, dilepas oleh pihak sekolah binaan PT Semen Padang tersebut dalam acara yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Semen Padang, Selasa 21 Juni 2022.Kepala MTsS Lubuk Kilangan Zulmaidi menyampaikan, pada tahun ajaran 2021/2022 sudah angkatan ketiga sejak MTsS Lubuk Kilangan melepas siswanya. Total siswa yang dilepas adalah 59 siswa terdiri dari 31 siswa dan 28 siswi.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini