Nobel untuk Sunarso

Foto Rezki Rifai
×

Nobel untuk Sunarso

Bagikan opini
Ilustrasi Nobel untuk Sunarso

Presiden Joko Widodo menyebut Sunarso CEO BRI Group layak mendapatkan nobel seperti yang diperoleh Muhammad Yunus pendiri Grameer Bank dari Bangladesh. Menurut Presiden, pencapaian Sunarso jauh melebihi pencapaian Muhammad Yunus.

Sunarso dengan tangan dinginnya mampu mentransformasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui Ultra Mikro (UMI) dan PNM. Dengan subsidi pemerintah sebesar Rp 46 Triliun untuk UMKM sehingga suku bunga untuk mikro 3 persen dan kecil 6 persen. Dari subsidi tersebut terjadi peningkatan nasabah UMI 8,2 juta dan PNM Mekar 15 juta.

Kekuatan UMKM ini memberikan kontribusi terhadap PDB Ekonomi 61 persen dan penyerapan tenaga kerja 97 persen dari angkatan kerja yang dimiliki. Kredit yang disalurkan PNM Mekar di 2015 Rp 800 Milyar meningkat signifikan menjadi Rp 244 Triliun di tahun 2023. Hal ini disampaikan Presiden saat membuka BRI Microfinance Outlook 2024 Kamis (7/3/2024) di Jakarta.

Pencapaian BRI sejak dinakhodai oleh Sunarso selalu memperlihatkan hasil yang cemerlang. Di tahun 2020 saat berhadapan dengan pandemi Covid 19 yang membuat semua sendi kehidupan hancur, BRI masih bisa menunjukan kinerja dengan pencapaian laba Rp 18,65 Triliun. Walaupun merosot dibandingkan 2019 karena banyaknya pencadangan yang cukup besar agar perseroan tetap bisa menyalurkan kredit untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Atas kinerja di 2020 tersebut, BRI masih diganjar 7 penghargaan dalam Anugerah BUMN ke 9. Direktur Utama Sunarso dinobatkan sebagai CEO Visioner Perusahaan Tbk Terbaik dan CEO Talent Development Terbaik. Selain itu BRI juga menyabet penghargaan yakni, BUMN Dengan Strategi Pertumbuhan Terbaik, BUMN Dengan Transformasi Organisasi Terbaik, BUMN Dengan Penerapan GCG Terbaik, BUMN Dengan Pengembangan SDM Unggul Terbaik dan Best Overall BUMN.

Pada tahun 2021 kinerja BRI meningkat tajam dengan pencapaian laba Rp 32,22 Triliun (75,5 persen yoy). Walaupun masih dirundung pandemi yang berkepanjangan tetapi dengan tangan dingin Sunarso bersama manajemen dan seluruh insan Brilian BRI menghasilkan kinerja yang luar biasa. Dengan kinerja ini BRI berhasil meraih setidaknya lebih dari 130 penghargaan yang diterima pada tahun 2021, antara lain Best Bank Awards: Indonesia's Best Bank for SMEs 2021 dari Asia Money, CGPI (Corporate Governance Perception Index): Indonesia Most Trusted Companies, The Best State Owned Enterprise in 2021 dari Bisnis Indonesia TOP BUMN Award 2021.

BRI juga berhasil meraih penghargaan platinum (tertinggi) dalam ajang Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2021 dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR) sebagai perusahaan terdepan yang menerapkan keuangan berkelanjutan dan dinobatkannya BRI sebagai The Most Adaptive Titan Bank dari CNBC Indonesia Award 2021 dan BUMN Terbaik 2021 oleh Majalah Investor.

Pencapaian laba BRI kembali naik signifikan pada tahun 2022. BRI berhasil mencatat kinerja impresif dengan mencetak laba sebesar Rp 51,5 triliun. Laba tersebut tercatat naik sebesar 67,15 persen dibanding pencapaian 2021.

Atas kinerja impresifnya, BRI mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai lembaga melalui capaian sebanyak 167 penghargaan baik dari domestik maupun internasional di tahun 2022. Jumlah penghargaan tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bagikan

Opini lainnya
Terkini