Peran Teknologi Digital pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dalam Proses Pembelajaran

Foto Atifah Hirahmah
×

Peran Teknologi Digital pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dalam Proses Pembelajaran

Bagikan opini

 Oleh  Atifah HirahmahMahasiswa S2 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Padang

Seiring berkembangnya zaman, perlahan teknologi analog digantikan dengan teknologi digital dengan segala kecanggihannya. Bahkan saat ini keseharian kita pun tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi digital amat cepat dan masuk ke seluruh sektor. Baik di bidang pendidikan sampai bisnis semua telah merambah digitalisasi.Kurikulum yang saat ini berlaku yakni kurikulum merdeka belajar memberikan kebebasan dalam belajar yaitu bisa dimana saja, kapan saja, bahkan dari sumber mana saja. Salah satunya belajar melalui teknologi digital. Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan dapat meruntuhkan jarak antara tenaga pengajar dan pelajar. Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju dan berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Berikut ini dijelaskan pengertian, kelebihan dan kekurangan serta manfaat dari teknologi digital.

Pengertian Teknologi digital

Secara pengertian, teknologi digital adalah suatu alat atau sistem yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia untuk mengoperasikannya, namun sistem akan dioperasikan secara otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca komputer. Teknologi digital sederhananya adalah sistem penghitungan yang dapat bekerja sangat cepat untuk memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik atau kode digital.Kelebihan Teknologi Digital

Kehadiran teknologi digital di tengah-tengah kita tentu saja memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut:

  • Data yang tersimpan tidak terpengaruh cuaca buruk atau noise tertentu karena ditransmisikan dalam bentuk digital.
  • Sistem dapat saling terhubung satu sama lainnya.
  • Biaya perawatan terbilang lebih murah dan mudah.

Kekurangan Teknologi DigitalTerlepas dari berbagai kelebihan yang bisa kita dapatkan dari hadirnya teknologi digital, ada beberapa kekurangan yang perlu juga kita ketahui, seperti berikut ini:

  •         Kesalahan dapat terjadi saat mengubah sinyal analog ke digital.
  •         Memungkinkan terjadinya peretasan atau virus yang dapat mencuri dan merusak informasi digital.
  •         Menciptakan ketergantungan pada penggunanya.
  • Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini