Timnas Hebat

Foto Eriandi
×

Timnas Hebat

Bagikan opini

EriandiTim nasional Indonesia mencatat kemenangan fantastis saat dijamu Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa malam. Hasilnya sudah diketahui Garuda menaklukkan tim berjuluk The Golden Star itu dengan skor 3-0. Sebelumnya di leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno, timnas Indonesia menang tipis 1-0.

Kemenangan yang diraih Indonesia tersebut bukan didapat dengan mudah. Apalagi didapat di hadapan ribuan rakyat Vietnam yang hadir. Belum lagi presidennya juga turut menyaksikan. Indonesia unggul melalui Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen dan Ramadan Sananta.Namun, mental baja anak asuh STY tidak luntur. Setelah hampir 20 tahun lamanya, inilah kemenangan tandang Indonesia pertama sejak terakhir kali menang pada babak penyisihan grup Piala Tiger 2004 (Piala AFF), pada 11 Desember 2004.

Kemenangan di Hanoi saat itu dipetik Indonesia yang diasuh pelatih asal Inggris Peter White dengan skor yang bak dejavu yaitu tiga gol tanpa balas yang saat itu dicetak berkat gol Mohammad Mauly Lessy, Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma.Kemenangan ini menegaskan level Indonesia atas Vietnam meskipun kedua negara terpaut peringkat FIFA cukup jauh.

Indonesia berada di peringkat 142 dunia menyapu bersih tiga laga melawan tim peringkat 105 dunia itu dengan catatan sempurna yaitu tiga kemenangan, mencetak lima gol, dan tanpa kebobolan.Tiga kemenangan ini juga membalas enam pertemuan sebelumnya Indonesia dengan Vietnam sejak Desember 2016 yang tanpa meraih kemenangan dengan tiga imbang dan tiga kalah.

Bahkan, beberapa jam usai kalah, otoritas sepakbola Vietnam memecat Philippe Troussier dari kursi. Troussier selalu kalah dalam lima pertemuannya sebagai pelatih.Berkat kemenangan meyakinkan ini, Indonesia kini berada di posisi kedua klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F dengan koleksi tujuh poin.

Indonesia unggul empat poin dari Vietnam yang ada di posisi ketiga dengan tiga poin dan terpaut lima poin dari Irak yang tampil sempurna dari empat laga dengan raihan 12 poin.Di sisa dua laga penutup kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F, Indonesia mendapatkan keuntungan karena akan melakoni partai kandang saat menjamu Irak dan Filipina pada Juni nanti.

Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan untuk menemani Irak lolos ke putaran ketiga guna semakin dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang dimainkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027 tanpa kualifikasi.Melihat kondisi saat ini, bermain di Piala Asia bahkan piala dunia bukan lagi angan-angan semata. Peluang Indonesia dengan skuad, jajaran kepelatihan serta dukungan masyarakat terbuka lebar. Terpenting timnas terus berkembang dan meningkatkan performa. Tidak berpuas diri dengan pencapaian yang sudah diraih sekarang ini. (***)

  

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini